Ahmad Muktas DPRD Batu Bara: Aksi Demo Puncak Kekecewaan Masyarakat ke PT. Pelindo

3 min read

Batu Bara-Sumut, harian Siber.com – Aksi demo  damai warga kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka,  Kabupaten Batu Bara di jalan Pelabuhan pelindo Kuala Tanjung, Senin (21/11/2022) menuntut agar pembebasan tanah dan pemukiman warga yang telah diproses validasi dari bulan Juni 2022 lalu dan dijanjikan pihak PT. Pelindo. I Cabang Kuala Tanjung  akan segera dibebaskan disekitar dibulan Agustus 2022, namun sejauh hari ini  belum ada titik terang kapan realisasi pembayaran.

Warga menuntut ganti rugi Rp. 2 milyar atas kerugian warga masyarakat atas hangusnya uang panjar rencana pembelian rumah, akibat rumahnya akan dibebaskan oleh PT. pelindo.

Aksi demo damai turut dihadiri Anggota DPRD Batu Bara Akhmat Muktas fraksi PKS, Pj. kepala desa Kuala Tanjung Listen Samosur,  Kepala desa terpilih Kuala Tanjung Ibnul Fandika.SE dan unsur pemuda, Tokoh masyarakat dan kaum emak-emak Kuala Tanjung.

Aksi demo damai disambut management  PT. Pelindo Cabang Kuala Tanjung diwakil Swandi Hutasoit dari PT. Prima Pengembang Kawasan (PPK)  diwakil Budi Setiadi.

Menghasilkan Surat Pernyataan Sikap.
Surat Pernyataan Sikap Aksi Damai Penuntutan Pembayaran Ganti Kerugian Di Kuala Tanjung, Sei Suka, Batu Bara.

Kami yang bertandatangan dibawah ini:
1.Perwakilan Warga Masyarakat Dusun 1, III dan IV Desa Kuala Tanjung, Sei Suka, Batu Bara
2. Kepala Desa Kuala Tanjung, Sei Suka, Batu Bara 3. Anggota DPRD Kab. Batu Bara
4. Perwakilan PT Pelindo (Persero) Sehubungan dengan aksi damai yang dilakukan oleh masyarakat akibat belum adanya kepastian
pembayaran ganti rugi tanah yang telah dilakukan musyawarah bentuk ganti rugi pada tanggal 21 s/d 24 Juni 2022, dengan ini dinyatakan:

1. Dalam minggu ini paling lambat tanggal 25 November 2022, pihak PT Pelindo wajib menyampaikan tanggal pembayaran ganti rugi dilakukan paling lambat tanggal 01 Desember 2022, 2. Apabila s/d 25 November 2022 belum ada kepastian pembayaran ganti rugi mulai tanggal 01 Desember 2022, maka

Masyarakat menyatakan harga yang sudah disepakati pihak PT Pelindo dibatalkan dan PT Pelindo menjamin masyarakat dibebaskan dari tuntutan secara pidana maupun perdata. Panjar dan atau kerugian masyarakat sebesar Rp 2 Miliar akan dibayarkan oleh PT Pelindo kepada masyarakat.

Semua dokumen kepemilikan lahan masyarakat dikembalikan maksimal 31 Desember 2022 Demikian surat penyataan sikap ini diperbuat untuk dipergunakan semestinya dan diharapkan komunikasi secara intensif oleh pihak Perwakilan  PT.Pelindo dengan perwakilan masyarakat pemilik lahan.

Ditanda tangani perwakilan PT Pelindo Swandi Hutasoit,  Perwakilan PT. PPK Budi Setiadi dan distempel PT. Pelindo.Kuala Tanjung tertanggal 21 November 2021.

Perwakilan Masyarakat,
1.Rusman.2.Sofyan Helmi, 3.Sahendro.4.Rachmadsyah 5.Muhammad Yahya, 6. Dedi Asmadi dan 7.Pahala Aritonang.
Mengetahui: Pj. Kepala desa Kuala Tanjung Listen Samosir dan Ahmad Muktas anggota DPRD Batu Bara.

Akhmat Muktas  Anggota DPRD Batu Bara Fraksi PKS Dapil Kecamatan Sei suka-Medang deras mengatakan: akan mengawal hasil pernyataan sikap Perwakilan PT. Pelindo dan diharapkan dapat memutuskan yang terbaik, dan jika dibutuhkan siap berangkat kejakarta kekantor Pelindo Pusat,ujarnya.

Sebagai fungsi pengawasan Undang-Undang maupun Peraturan didalam PP 19 tahun 2021 tentang pengadaan lahan untuk kepentingan umum,  Pasal 78 ayat 1-7 mengatur apabila telah disepakati dalam rapat musyawarah, kesepakatan bentuk ganti rugi maka hari itu juga dalam waktu 5 hari berkas harus diserahkan ke BPN, BPN  masa waktu 14 hari sudah menyerahkan  ke PT. Pelindo Pusat,  dan PT. Pelindo Pusat mempunyai waktu 17 hari untuk masa pembayaran.

Menurut akhmat Muktas terjadinya aksi demo  ini  puncak dari kekecewaan warga yang tidak percaya lagi terhadap menagement PT. Pelindo, dan kami selaku pemerintahan Kabupaten Batu Bara sangat kecewa, Sekda dan bersama DPRD Batu Bara sudah mengadakan rapat dibulan Agustus dengan PT. Pelindo berjanji akan segera merealisasikan pembayaran secepatnya.

(Sp) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *