Asdatun Kejati Siap Tangani Sengketa Lahan

1 min read

Hariansiber.com|Tanjungpinang-persoalan lahan Aspar memasuki babak baru. Lahan Aspar yang berada di Tanjung Duku, Dompak, Tanjungpinang, provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah masuk babak baru.

Sengketa lahan tersebut berupa pengakuan pihak provinsi sudah Menganti rugi lahan tersebut. Yang tidak diakui pemilik lahan Aspar karena merasa tidak pernah memberi kuasa kepada siapa pun untuk membebaskan lahan tersebut. Terlebih berdasarkan fail yang dimiliki pihak Pemprov pembebasan terjadi ditahun 2006. Dimana ditahun tersebut Aspar pergi ke Kalimantan.

Pun jika memang lahan tersebut sudah diganti rugi pihak Pemprov tidak memiliki surat asli tanah yang disengketakan. Surat asli lahan tersebut masih dimiliki oleh sang empunya.

Asisten bidang perdata dan tata usaha negara (Asdatun) Kejati Kepri, Alex Sumarna SH, MH mengakui persoalan ini sudah sampai kepihaknya. “Artinya bukan diserahkan ya, tapi kita akan kerja bareng,” katanya.

Dilanjutkan Alex yang didampingi oleh kasi pertimbangan hukum, Noly Wijaya SH, MH, terkait persoalan ini melibatkan para pihak termasuk BPN. Dan dari Pemprov sendiri masih bersifat pemaparan.
“Data belum diberikan, masih pemaparan”, sambung Noly.
Asdatun juga tidak bisa memastikan berapa lama kelak waktu untuk menyelesaikan persoalan tanah ini. Karena pihak Pemprov menyerahkan 12 bidang. “Yang jelas segeralah kita kerjakan. Nanti kita buat tim untuk ini”, tambahnya.

Dijelaskannya pihaknya akan mempelajari pembebasan lahan Pemprov seperti apa, bayarnya pada siapa, benar tidak lahannya. “Akan kita buka. Nanti pak Aspar juga akan kita panggil”, tegasnya.

(Lani Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.