Asisten II Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan Terpadu

Asisten II Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan Terpadu

HARIANSIBER.COM | GAYO LUES – Asisten II Setdakab Gayo Lues, H. Ir Rasyidin Porang, secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Terpadu, bertempat di Aula Bappeda setempat, Jumat (6/3/2020).

“Penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Gayo Lues, dari tahun 2017-2022 mendatang,” kata H Ir Rasyidin Porang, saat membuka Rakor Penanggulangan Kemiskinan Terpadu yang mengusung tema “Sinergitas Program”.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menyusun dokumen Blue Print Pengentasan Kemiskinan. Dimana dalam dokumen tersebut memuat persoalan diterminasi, tinjauan kebijakan, isu strategis serta rencana aksi daerah.

“Untuk itu dibutuhkan strategi dan inovasi yang tepat serta berkelanjutan dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga bersinergi dan bergerak cepat dalam menuntaskan kemiskinan di Gayo Lues, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku,” pintanya.

Terlebih lanjut Rasyidin, dokumen Blue Print merupakan acuan dalam perencanaan dan penganggaran di OPD untuk pelaksanaannya, sehingga program dan kegiatan yang direncanakan dapat langsung menyentuh masyarakat.

Selain itu, Rasyidin Porang juga menyampaikan, pada tahun 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 0,83 atau 460 jiwa dari tahun sebelumnya yakni sebesar 19,87 persen atau 18.630 jiwa.

“Dengan penurunan itu, artinya program dan kegiatan yang telah kita laksanakan di tahun 2019 kemarin sudah mengarah pada kegiatan penanggulangan kemiskinan,” papar Asisten II itu, seraya mengingatkan Pemerintah tidak terlena dengan capaian penurunan angka kemiskinan tersebut.

HS/Dosaino

Red/Arf/Hariansiber

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )