Askonas Tubaba Soroti Pembangunan Pasar Panaragan Jaya Yang Terbengkalai

Askonas Tubaba Soroti Pembangunan Pasar Panaragan Jaya Yang Terbengkalai

HARIANSIBER.COM|Tulang bawang Barat – Terbengkalai nya bangunan pasar kabupaten yakni Pasar Panaragan Jaya, kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Menjadi sorotan berbagai kalangan, bagaimana tidak sudah tiga tahun berjalan, sejak selesai di bangun pada pertengahan tahun 2016, sampai sekarang pasar tersebut  tidak juga difungsikan.

Bangunan tersebut dibangun melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) kabupaten Tulang Bawang Barat,menggunakan dana DAK tahun anggaran 2016 dengan pagu anggaran 1,9 milyar.

Ketua Asosiasi Kontraktor Nasional  (Askonas) Tulangbawang Barat, Agus Tomi kepada HARIANSIBER.COM, Rabu (7/8), menurutnya pembangunan sumber dananya berasal dari ÀPBN maupun APBD harus arus memiliki konsep dasar perencanaan pembangunan, yang matang dan jelas, agar tujuan dari pembangunan itu dapat tercapai,  dan pembangunan tidak mubazir dan merugikan masyarakat Jadi konsep dasar perencanaan pembangunan ini sangatlah penting.

“Ya menurut saya penyebab  terbengkalainya bangunan pasar ini, adalah tidak adanya konsep dasar perencanaan, buktinya ini sudah 3 tahun dan bangunannya sudah ada yang rapuh dan beberapa bangunan penunjang nya sudah hancur ” katanya.

Lanjut Agus Tomi, Pemerintah daerah tidak boleh mendiamkan begitu saja dan terkesan melakukan pembiaran terhadap persoalan bangunan pasar ini. Persoalan pasar tersebut,harus segera disikapi agar secepatnya dapat di fungsikan.

Ia juga menambahkan. Sebenarnya selain bangunan pasar panaragan jaya,  banyak sekali bangunan pemerintah di Tulangbawang Barat ini yang terbengkalai, baik melalui dana APBD, APBN, DAK  DAU, semua mubazir.

Ia berharap  pemerintah daerah melalui stakeholder dan pihak pihak terkait lainnya, benar benar  memperhatikan konsep dasar dari sebuah perencanaan pembangunan, supaya kedepan tidak ada lagi bangunan yang mubazir.

(Rizky A Sony)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )