Bantuan Kuliah Bagi Warga Kabupaten Blitar Sudah Jalan, Wabup Pastikan Ada Peningkatan Tahun Depan

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar meluncurkan program bantuan perkuliahan bagi warga mulai tahun 2022 ini. Program yang bernama Bantuan Biaya Pendidikan (BBP) ini nantinya meringankan beban keuangan warga yang sedang menempuh pendidikan tinggi setingkat strata satu (S1).

Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso mengungkapkan, bantuan yang telah bergulir untuk saat ini dikhususkan hanya untuk mahasiswa yang telah semester 8.

“Pemkab Blitar berusaha mengawali bantuan bidang pendidikan pada tahun ini, yaitu untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memenuhi persyaratan untuk dibantu,” ujar Wabup Rahmat, Kamis (19/5/2022).

Adapun syarat mahasiswa penerima bantuan, kata Wabup, telah ditetapkan dalam peraturan Bupati Blitar No 9 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi atau Kurang Mampu.

Di peraturan itu mahasiswa semester 8 penerima bantuan adalah mahasiswa berprestasi atau ekonomi kurang mampu.

Untuk prestasi, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya minimal 3,0 untuk mahasiswa perguruan tinggi negeri jurusan eksak, 3,25 mahasiswa perguruan tinggi negeri non eksak dan 3,5 mahasiswa perguruan tinggi swasta atau berprestasi non akademik minimal tingkat nasional berdasarkan usulan provinsi.

Sedang untuk mahasiswa tidak mampu diberikan bagi yang keluarganya masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Serta penduduk yang domisili Kabupaten Blitar sekurang-kurangnya 2 tahun berturut-turut, dibuktikan dengan KTP dan KK.

“Pada semester 8 membutuhkan biaya lebih banyak. Ada biaya tugas akhir, ujian dan wisuda. Maka sesuai kemampuan daerah, tahun ini dibantu pada semester 8 dulu. Tahun depan akan ditingkatkan lagi anggarannya,” jelasnya.

Karena keterbatasan APBD tahun ini yang masih difokuskan untuk pemulihan Pandemi Covid-19, Makde Rahmat, sapaan akrab Wabup Blitar, berusaha agar tahun depan program bantuan kuliah ditingkatkan anggarannya.

Dengan demikian bantuan kuliah bisa meningkat dalam jumlah kuota penerima bantuan, tapi juga bantuan yang lebih luas tidak hanya mahasiswa semester 8.

“Doakan saja, tahun depan bisa meningkat jumlah bantuannya sampai bisa memberikan beasiswa,” ucap wabup yang juga politisi PAN ini.

“Mahasiswa yang ingin mengajukan BBP bisa mengakses di website resmi Pemkab Blitar yaitu www.blitarkab.go.id,” imbuhnya.

 

Penulis: Meidian Dona Doni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.