Bara JP Lampung Dukung Program Susi Puji Astuti

Bara JP Lampung Dukung Program Susi Puji Astuti

HARIANSIBER.COM|Lampung – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Barisan Relawan Jokowi Presiden (BARA JP), Yogie Try Wardhana, mendukung Menteri KKP dan Mantan Menteri Susi Puji Astuti yang belakangan Ramai diberitakan oleh media terkait polemik ekspor benih Lobster.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD Bara JP Lampung Bidang Kelautan dan Perikanan, Yogie Try Wardhana, saat ditemui dikediamannya di Bandar Lampung, selasa (17/12/2019).

Menurutnya, kegelisahan Menteri KKP Edy Prabowo yang ingin mengenjot Pendapatan Negara dari Sektor tersebut memang cukup beralasan dikarenakan saat ini harganya mahal dan kebutuhan akan pasar terkait Lobster memang sangat baik.

Jadi wajar saja jika Sektor ini menjadi makanan empuk para mafia – mafia Penyelundupan.

“Kita ketahui bahwa banyaknya Penyelundupan Benih Lobster membuat kita terperanjat, nilainya bukan sedikit, ini yang baru ketahuan saja.

Mengapa tidak dibuatkan saja tempat Pembesaran Lobster tersebut diIndonesia yang tersistem dengan baik, BUMN kita banyak kok yg bisa kerjakan ini, atau Negara bisa saja hadir untuk memfasilitasi masyarakat untuk melakukan hal ini,” ujarnya.

Menteri Susi juga benar dan Logika yang disampaikan, kalo harga Lobster yang sudah besar jauh lebih mahal dari benihnya, biarkan besar oleh alam tak perlu diberi makan, sudah besar baru ditangkap.

Hanya saja, benih lobster digunakan di Negara tujuannya untuk apa?
Jika dilepas begitu saja kelaut enggak mungkin juga, tentu disiapkan tempatnya, seperti kerambahnya dan bisa dipelihara sampai besar.

Advertisement

Kita berharap, ekspor Lobster yang sudah besar tadi bisa ditingkatkan, jika budidayanya didalam negeri ini bisa dilakukan dengan baik,” ungkapnya

Hentikan berdialektika tentang masalah, ayo duduk bersama bahas solusi yang menguntungkan Negara dan Nelayan.
Sedikit lucu bagi saya pribadi, dan merasa ada dua orang hebat yang mengerti tentang laut dan ikan berbalas pantun melalui media.

Apakah tidak bisa kita buatkan Kerambah Lobster seperti dinegara Vietnam misalnya.
Masalah dibawah itu adalah :
Nelayan butuh uang ” hari ini “dari sektor tangkapan laut tanpa menyalahi aturan serta merusak ekosistem dan keseimbangan yang ada,” jelasnya

Misalnya saja “Nelayan cari benihnya dilaut setor ke Negara atau pihak Swasta lalu dipeliharanya di laut kita dibesarkan untuk di eksport”

“Kalaupun dilarang buktinya tetap saja ada oknum yang bermain di Wilayah ini, ayo dong cari solusinya, jangan buang waktu lama,” Pungkas Yogie.

Terpisah, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Barisan Relawan Jokowi Presiden (Barajp) Kabupaten Lampung Utara, Sandikaramoy, sangat mendukung dan menyambut baik apa yang menjadi Pemikiran dari Ketua DPD Barajp Lampung, karena menurutnya,” Negara Indonesia memang dikelilingi oleh Laut sudah sebaiknya Lobster itu bisa dilakukan Budidaya di Negara sendiri kenapa kita harus mengekspor benih Lobster tersebut ke Negara lain,” ungkap Sandikaramoy.

(Anton)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )