BBWSMS Gelar Pelatihan TPM Kegiatan P3-TGAI 2022

2 min read

Editor ‘ Anton

HARIANSIBER.COM|Bandar Lampung – Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWSMS), Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan kegiatan Pelatihan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) pada kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2022. Pelatihan ini diselenggarakan di Hotel Golden Tulip Springhill, Bandar Lampung. Senin (4/4)

Pelatihan diawali dengan acara pembukaan. Hadir pada acara tersebut, Kepala BBWSMS, Ir. Alexander Leda, ST., MT yang diwakili oleh Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) SDA, Sudarto, ST., MT; Kepala Satuan Kerja (Kasatker) OP SDA, M. Jaelani, ST., MT; Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan OP SDA II, Samuel Wahyuratmoko, S.ST., MT; Pejabat Penyidik Ditjen SDA, Yusen Kaesaline, SE., MM; Tim Pelaksana Balai (TPB), Konsultan Manajemen Balai (KMB), TPM dan undangan lainnya.

Jaelani melaporkan bahwa kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 110 TPM berdasarkan hasil perekrutan oleh TPB yang diikuti oleh 723 pendaftar calon TPM, “Pelatihan TPM ini direncanakan akan berlangsung 3 hari kedepan, yakni tanggal 4- 6 April 2022,” tutur Kasatker OP SDA ini.

Kemudian mewakili Kepala BBWSMS, Kabid SDA OP mengatakan kepada seluruh TPM yang hadir untuk menyimak dengan seksama semua materi yang disampaikan para pemateri agar dalam pelaksanaan kegiatan P3-TGAI berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya, “P3-TGAI merupakan program yang tidak diperjualbelikan, tidak boleh dipihak ketigakan dan tidak ada pungutan dengan alasan apapun serta pengerjaannya secara swakelola oleh kelompok tani P3A,” tukas Jaelani.

Setelah resmi dibuka oleh Kabid SDA OP BBWSMS pelatihan TPM, materi dilanjutkan oleh KMB. Diantaranya, materi wawasan P3-TGAI, Rencana Anggaran Biaya (RAB), skema jaringan irigasi, aplikasi e-monitoring, simulasi, dan perjalanan ke lapangan serta materi lainnya.

(Tim/An)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.