BPOM Luncurkan Program GKPD

BPOM Luncurkan Program GKPD

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) meluncurkan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Kegiatan Sosialisasi ini di laksanakan di Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara yang dgelar selama dua hari selama 2 hari, selasa (02/07/2919).

Dalam bimtek GKPD ini di pandu langsung oleh tim dari BPOM Provinsi Lampung yang melibatkan 5 orang Tenaga Ahli di Bidangnya masing-masing.

Hadir dalam bimtek ini para Penggiat Kesehatan yang ada di Desa seperti Bidan Desa, Penggiat PKK ,Kader Posyandu,Para Pedagang Warung dan Masyarakat terutama kaum ibu.

Bimtek GKPD ini memberikan Pemahaman dan Pengetahuan bagi warga terutama kaum ibu karena pentingnya Pemahaman tentang makanan yang layak dan sehat untuk di konsumsi baik dari Pengolahan, Bahan yang di gunakan serta Pengemasan yang berstandar makanan sehat, dengan harapan masyarakat sadar akan keamanan pangan demi Kesehatan Keluarga dan juga Lingkunganya.

Dalam kesempatan ini Fungsionaris Ahli Madya BPOM ,Nuhayati Msi menjelaskan,” makanan yang layak di konsumsi bukan tercukupi protein vitamin dan karbohidrat saja, tetapi juga harus terjamin mutu dan keamananya, dan kualitasnya terlebih makanan siap saji seperti makanan dalam kemasan, kita harus teliti dan selektif dalam melihat baik kandunganya, Produsennya, baik dari Nomor Registrasi dan Masa Kadaluarsa(Expayer) makanan tersebut demi terjaminya Keamanan dan Kesehatan,” Jelas Nurhayati.

Advertisement

Karena hampir semua makanan siap saji mudah kita dapatkan baik di warung maupun di toko-toko dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga masyarakat terkadang lalai dalam memilih dan kurang teliti dalam membeli makanan yang layak untuk di konsumsi, yang berakibat rentan terhadap penyakit,apa lagi makanan yang dijual pedagang di sekolah-sekolah,rentan dan makanannya kurang terjamin, baik kebersihan dan keamananya,”.Urai Nurhayati.

Senada disampaikan oleh Kepala Desa Wonomarto, Waskito Yusika, sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek GKPD yang digelar oleh BPOM Provinsi Lampung yang telah memberikan pemahaman dan bimbingan kepada warga kami terkait Keamanan Pangan dalam pola menuju generasi yang sehat ,” Ucap Waskito.

Dengan harapan kegiatan ini bisa berlanjut secara berkala karena mengingat pentingnya Kesehatan karena pemicu penyakit banyak dari makanan yang diolah karena kurang terjaga kebersihannya dan keamanannya,” Pungkas Kades.

(Anton).

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )