Buka Kembali RTH Kanigoro, Bupati Blitar Usahakan Taman Instagramable Tuk Dongkrak Ekonomi

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Bupati Blitar Rini Syarifah secara resmi membuka kembali Ruang Terbuka Hijau Kanigoro, Selasa (12/4/2022). Di mana taman di Ibukota Kabupaten Blitar ini sempat tutup lama akibat pandemi, dibuka dengan harapan bisa membangkitkan kembali ekonomi masyarakat.

Bupati pun sempat berkeliling di setiap sudut taman untuk melihat potensi yang bisa dikembangkan di RTH Kanigoro. Di area pintu masuk taman disajikan stan-stan kosong yang pada saat itu langsung digunakan UMKM mempromosikan produknya pada pengunjung taman.

Lalu disini ada kolam ikan, dan beraneka pepohonan serta bunga-bunga yang nantinya bisa menjadi wisata edukasi bagi pelajar dan anak-anak.

“Disini memang banyak pohon yang ditanam dan kita melibatkan anak-anak kita di SMP dan SMA ikut menanam pohon disini dan ikut merawatnya. Supaya wisata edukasi benar-benar terwujud di RTH Kanigoro,” kata Bupati Rini.

Bupati perempuan pertama Blitar itu pun memberi masukan selain menjadi wisata edukasi diperlukan spot untuk healing dan instagramable. Sehingga menjadi daya tarik lebih pengunjung di lokasi dengan pilihan tujuan yang banyak yaitu bersantai menenangkan pikiran dan berfoto-foto dengan spot unik.

“Saran saya tadi ada tambahan seperti tempat foto-foto yang instagramable. Tadi saya lihat produk bank sampah dipamerkan di stan UMKM tadi ternyata bisa diolah menjadi bernilai ekonomi dan seni, jadi bisa dikolaborasikan membangun spot foto dari olahan bank sampah, tidak usah mahal-mahal tapi bagus dan menarik,” jelasnya.

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar, selalu memberi perhatian pada UMKM. Dia berharap dengan dibukanya kembali RTH ini bisa terus dimanfaatkan pegiat UMKM menempati stan-stan RTH ini untuk memajang dan mengenalkan produk ke masyarakat pengunjung.

Menurutnya, dukungan pada UMKM ini perlu di gencarkan di setiap kegiatan pemerintah kabupaten Blitar. Sebab dengan Kabupaten Blitar yang luas ekonomi dibangkitkan dari semangat usaha masyarakat yang tumbuh mulai dari sektor mikro atau UMKM ini.

“UMKM kita sudah bagus-bagus produknya, tinggal pembinaan sedikit seperti yang saya lihat tadi kemasannya perlu meriah untuk menarik pembeli. Kita akan terus bantu tingkatkan kualitas UMKM kita dan kita pantau sampai betul-betul mandiri dan sukses,” pungkasnya.

Bupati melihat stan bunga-bunga di RTH Kanigoro dan Stan UMKM.

Penulis: MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.