Bulan Bung Karno Lebih Meriah, Ketua DPRD Kota Blitar dr Syahrul Alim Beri Apresiasi

2 min read

dr Syahrul Alim (tengah) menerima tumpeng dari Walikota Blitar Santoso di hari Grebeg Pancasila.

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Ketua DPRD Kota Blitar dr Syahrul Alim mengapresiasi penyelenggaraan Bulan Bung Karno tahun 2022. Pemerintah Kota Blitar berhasil membuat satu bulan penuh di Bulan Juni penuh kemeriahan, serta melibatkan banyak UMKM membangkitkan kembali perekonomian pasca Pandemi Covid-19.

“Untuk tahun ini benar meriah dan saya salut dengan persiapan yang ibaratnya mepet namun hasilnya bisa semeriah ini. Beberapa tahun sebelumnya sempat sepi karena pandemi, tahun ini bulan Juni, yang kalau di Kota Blitar rutin dengan perayaan Bulan Bung Karno, bisa kembali didengar gaungnya di seluruh pelosok negeri,” kata Ketua DPRD Kota Blitar dr Syahrul Alim, Jumat (1/7/2022).

dr Syahrul pun mengikuti setiap rangkaian perayaan Bulan Bung Karno. Mulai dari pawai lampion dan tirakatan menjelang 1 Juni Hari Lahir Pancasila, yang besoknya juga ada kirab atau Grebeg Pancasila.

Lalu pada tanggal 6 Juni Hari Lahir Bung Karno digelar brokohan dan wayang kulit di Istana Gebang. Dan pada 21 Juni Haul Bung Karno digelar kegiatan sholawatan yang dipenuhi masyarakat mengikuti di sepanjang City Walk Makam Bung Karno.

Selain tiga hari utama, juga ada kegiatan lain seperti Sarasehan Kebangsaan, Soekarno Night Run, Soekarno Coffee Fest, Bazar Blitar Jadoel, Kontes Nasional Ayam Hias, Pekan Budaya dan Festival Kuliner.

“Blitar Jadul yang digelar di Alun-Alun menarik animo masyarakat yang tinggi. Bahkan jalanan sampai padat selama beberapa hari karena yang datang banyak yang dari luar daerah yang ingin melihat suasana jadul di Blitar,” ujarnya.

Terpenting dari ini, adalah kegiatan digelar Pemerintah Kota Blitar turut melibatkan UMKM. Sehingga Bulan Bung Karno ini juga menjadi momen kembali membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Jadi antara potensi wisata, budaya dan UMKM ini menjadi satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. Kedepan Pemerintah Kota Blitar harus bisa lebih mensinergikan ketiga hal ini dan terus mendorong inovasi para pegiat UMKM sehingga perayaan Bulan Bung Karno tahun depan bisa semakin keren,” harap pria yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar ini.

 

Penulis: MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.