Bupati Lahat Hadiri Peringatan Harganas Ke-29

3 min read

Lahat,Harian Siber // – Peringatan Harganas Ke – 29 Kabupaten Lahat, bertempat di GOR Bukit Telunjuk.

Pengumuman Penerima Penghargaan Pengabdian yang Luar Biasa, Angka Kelahiran Pada Keluarga Berencana, Selama 10Th lebih Pengabdian, Marwati Kecamatan Merapi Barat, yang akan diberikan kepada Seluruh Kader Desi Sumiyati dari Desa Karang Endah, Kecamatan Merapi Barat.

Hari Keluarga Nasional (Harganas) diprakarsai oleh BKKBN di Era Presiden Soeharto, pada saat itu Kepala BKKBN RI Menyampaikan Tiga Pokok Pikiran dalam Mendukung Gagasan yaitu Mewarisi semangat Kepahlawanan dan Perjuangan Bangsa, Tetap Menghargai Keluarga dan
Membangun Keluarga menjadi Keluarga yang bekerja keras menuju Keluarga Sejahtera.

” Tujuan Kegiatan ini sebagai Momentum untuk Seluruh Keluarga dalam Keberhasilan Program dan menjadi Komitmen dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Lahat yang sesuai tema “Ayo cegah Stunting agar Keluarga bebas Stunting ,” ujar Kepala Kadis Dalduk & KB H. Ujang Kurniawan SE., MM. Rabu (28/09).

Pada hari ini Kita dapat berkumpul dalam Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (BKKBN) yang Ke – 29 Kabupaten Lahat Tahun 2022, Kabupaten Lahat dalam Indonesia yang Saya Cintai, Yang Sehat, Yang Cerdas sangatlah penting oleh karena itu Kita Perlu mengantisipasi dan Menghasil berbagai Kepentingan yang ditempatkan Sumber Daya Manusia yang pantas.

” Hari Keluarga Nasional (Harganas) Hari merupakan (Harganas) yang Ke – 29, dengan tema Cegah Stunting agar Keluarga dapat bebas Stunting, jadi Stunting ini jadi momok bagi Kita ini sudah Tingkat Provinsi bisa di kondisikan supaya dapat menjadi Sehat. Insya Allah, untuk membantu Masyarakat Kita di Kabupaten Lahat supaya dapat mencegah Stunting ,” sambutan dari Bupati Lahat Cik Ujang SH.

Oleh sebab itu nanti bisa bertanya kepada Bupati ataupun dengan Pak Sekda, Kita akan menjadikan Angka berubah dimana Pelayanan Cegah Stunting akan dirasakannya, seperti susu ataupun makanan agar di Kabupaten Lahat ini terhindar dari Stunting.

” Jadi untuk hari ini Keberhasilan Kota dapat menjadi muat Tahun bersama untuk percepatan Penurunan Stunting sampai Batas Usia Pada Tahun 2002 ,” ujarnya.

Berdasarkan atas Study Status di Indonesia, dalam Tahun 2021 Angka Stunting di Kabupaten Lahat, sudah 24 %, dan untuk mencapai Angka 14% dari Rumah Kampung Pada Tahun 2024.

” Kamtibnas pada hal ini juga Saya menghimbau Seluruh Dinas, Instansi Kerja Masyarakat Keselamatan Keluarga bersama – sama meningkatkan Kepedulian dan Komitmen bersama dan dapat Penurunan Cegah Stunting Kabupaten Lahat ,” tambahnya.

Dalam Kesempatan ini juga Saya sampaikan bahwa Seluruh Desa dan Kelurahan Kabupaten Lahat , menciptakan Kota yang berkualitas tergantung KB sebagaimana yang diatur Instruksi Presiden No. 3 pada Tahun 2022.

” Untuk itu marilah Kita Bersama – sama menunjukkan, membantu, Keluarga berkualitas untuk meningkatkan Masyarakat di Kabupaten Lahat ,” ajakkannya.

Yang Pertama sudah mengikuti ataupun ada Program Bupati dan Wakil Bupati Bahwa Sekolah Gratis, Berobat Gratis, Pemerintah yang akan membayarnya.

” Berkat Kesatuan dan Persatuan Kita, Kepedulian Kita, membantu sesama yang kurang mampu Insya Allah, akan terhindar kemiskinan dari Kabupaten Lahat ini. Oleh sebab itu Bupati akan mengambil Tempat – tempat supaya akan diikuti dengan Kepala – kepala Dinas, mengambil Zona untuk Pembuatan Rumah Kampung, Bupati beserta Ibu Wilayah Satu Kabupaten Lahat ini Kesatu yaitu Bupati, akan mengontrol, akan melihat, akan membantu, dengan mencegah yang namanya Stunting ,” paparannya.

Hari Keluarga Nasional yang Ke – 29 Ayo cegah Stunting agar Keluarga bebas Stunting momentum hari Keluarga Nasional ini tergantung Keberhasilan untuk percepatan Penurunan Stunting sampai 100% pada Tahun 2023.

” Masyakarat sekalian sesuai Visi Misi Pencegahan Stunting Kabupaten Lahat, 100% Target Tahun 2023 untuk itu Saya menghimbau kepada Kepala Dinas dan Instansi mutlak Kerja dan akan Bersama – sama meningkatkan Kepedulian tentang pencegahan Penurunan Stunting di Kabupaten Lahat ,” tutupnya.

Dilanjutkan dengan membeli hasil UMKM pada Stand yang telah disediakan.

Peringatan Harganas Ke – 29 Kabupaten Lahat di buka oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH., Kepala BKKBN dari Sum – Sel Taruna Rosefel SH., M.Hum., Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto SE., MM., M.B.A., Sekretaris Daerah Chandra SH., MM., Ketua TP – PKK Lidyawati S.Hut., MM., Ketua GOW Sumiyati S.Hut., Ketua DWP Ria Chandra Afriani., Unsur Forkopimda Plus., Seluruh TBUPP., Seluruh Jajaran OPD dan ASN Kabupaten Lahat dan Seluruh Assiten Kabupaten Lahat, Camat Se – Kabupaten Lahat, Kades, Ketua IBI Kabupaten Lahat, PERSAGI Kabupaten Lahat, Seluruh Penyuluh Se – Kabupaten Lahat

Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *