Bupati Tinjau Progres Pembangunan Desa Wisata Namu

Bupati Tinjau Progres Pembangunan Desa Wisata Namu

HARIANSIBER.COM|KONSEL – Namu merupakan Desa yang terletak di pesisir Pantai di Kecamatan Laonti, yang telah ditetapkan sebagai Destinasi Wisata baru Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang memiliki surga bawah laut dan terumbu karang, pasir putih, air terjun pitu ndengga dan hutan mangrove yang asri serta pemandangan indah.

Untuk mendukung penetapannya sebagai lokasi wisata yang layak dikunjungi wisatawan, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel mensolek Desa tersebut dengan menyediakan dan membangun sarana dan prasarananya. Tak tanggung-tanggung -/+ Rp 8 Milyar anggaran dana yang digelontorkan.

Adapun Pembangunan infrastruktur yang saat ini telah rampung pembangunannya, yakni papan informasi dan petunjuk arah, taman, hikers  penyediaan sumber air bersih dan toilet komunal, dermaga dan tambatan perahu serta lapak UMKM (cinderamata) permanen, Mushollah, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), akses jalan sepanjang Desa dengan rabat beton dan pembangunan jembatan antar Dusun, hingga jalan setapak ke puncak air terjun Pitu Ndengga, termasuk pembuatan dua rumah singgah menuju air terjun dan toilet umum.

Memastikan hal itu dibangun dengan baik, Bupati, H. Surunuddin Dangga didampingi Wabup, H. Arsalim Arifin, Sekkab, H. Sjarif Sajang, dan Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin meninjau langsung perkembangan pembangunan lokasi tersebut, dengan meggunakan Speed Boat milik Pemda Konsel, Kamis (2/1/2020).

Tidak mau berlama-lama, saat tiba di dermaga Namu yang telah kelar pembangunannya, Bupati langsung meninjau keseluruhan obyek yang dimaksud, termasuk berjalan kaki -/+ 1 Km dari perkampungan menuju Air Terjun Pitu Ndengga (7 tingkatan dengan ketinggian 10 Meter) menyusuri bukit dan indahnya hutan suaka marga satwa tanjung peropa.

Usai meninjau lokasi, Ia langsung memimpin rapat bersama aparatur Desa se-Kecamatan Laonti di pesisir pantai, yang juga di hadiri para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

“Tujuan kunjungan kami bersama rombongan untuk memastikan progres pembangunan di lokasi ini dan akan terus kami kembangkan, dalam rangka mengeluarkan Kec Laonti khususnya Desa Namu dari ketertinggalan menuju Desa Maju berbasis wisata,”ujar Surunuddin dalam sambutannya.

Ini merupakan kunjungan kerja pertama saya di awal Tahun 2020, jelasnya, sebagai bukti kepedulian dalam merubah wilayah ini menjadi produktif dan dapat mensejahterahkan. Yang tentunya harus bersama-sama bekerja dan mendukung keseluruhan program pembangunan yang sedang di galakkan Pemda.

Surunuddin dihadapan aparat dan masyarakat Namu menjelaskan bahwa banyak hal yang akan dilakukan dirinya dalam membangun Namu, seperti pelebaran dan peningkatan kondisi jalan menuju air terjun, yang akan diturunkan ketinggian bukit dan mengurangi kelokan jalan sehingga mudah dijangkau dengan waktu yang cepat. Juga pembangunan villa dan penyediaan jaringan telekomunikasi yang saat ini sedang dibangun bekerjasama dengan salah satu provider nasional. “Termasuk seluruh Desa yang ada di Laonti akan kita dorong pembangunannya sesuai karaterisitik, letak geografis dan unggulan masing-masing,” bebernya.

Menyinggung jembatan penghubung antar Dusun di Desa Namu yang sedang di buat, Ia mengungkapkan bahwa nantinya memudahkan arus lalulintas barang dan manusia, khususnya anak sekolah, karena akan digabungkan SD dan SATAP yang saat ini gedungnya masih terpisah.

“Agar lebih tertib, saya akan gabungkan SD dengan SATAP, sedangkan gedung lama akan digunakan untuk Taman Kanak-Kanak atau PAUD, untuk itulah dibangun jembatan penghubung seluruh lingkungan di Desa ini, karena memudahkan arus lalulintas, khususnya anak sekolah yang selama ini tidak bisa melalui darat kelingkungan lain,” tuturnya.

Dikatakannya juga, konsep Desa Wisata bukan semata-mata hanya berbicara tentang kepariwisataan dan keindahan, tetapi mencakup pemenuhan bidang Pendidikan dan Kesehatan dan bidang lainnya, kesemua itu jadi perhatian dirinya melalui perencanaan matang dan berkesinambungan dalam melaksanakan pembangunan, yang muaranya dalam rangka mewujudkan masyarakat unggul, amanah, cerdas, religius dan sejahtera.

Namun, dalam memajukan setiap wilayah, tukas Surunuddin, kita harus sepemikiran, dengan prinsip Konsep Desa maju bukan hanya jargon, tapi cita-cita yang kita gantung, sejalan dengan perbaikan seluruh asfek, baik administrasi, keuangan maupun pembangunan infrastrukrur dan SDM masyarakatnya didukung seluruh elemen masyarakat, agar Desa Maju Konsel Hebat dapat terwujud sesuai harapan kita semua.

Dimana Laonti merupakan harapan Konsel kedepan, tandasnya, karena memiliki potensi areal perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan, kepariwisataan serta lainnya, yang perlu kita sadari untuk memanfaatkan potensi tersebut dengan baik.

Mengakhiri sambutannya, mantan Ketua DPRD Konsel berpesan kepada masyarakat Namu agar merawat aset yang telah dibangun, dengan merasa bagian dari miliknya, serta menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban agar membuat wisatawan betah dan nyaman serta ingin datang kembali dengan mengajak anggota keluarga lainnya. Sehingga perputaran ekonomi Desa makin meningkat dan berkesinambungan.,”Pungkasnya.

Reporter :Edi

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )