Camat Gelar Rakor dan Pembentukan Tim Gugus tugas Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan

Camat Gelar Rakor dan Pembentukan Tim Gugus tugas Covid-19 Tingkat Desa dan Kelurahan

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara – Dalam rangka mencegah Penyebaran virus Corona/covid-19, Pemerintah Kecamatan Kotabumi Selatan menggelar rapat koordinasi dan sekaligus pembentukan tim Gugus tugas ditingkat Kelurahan dan Desa, kegiatan berlangsung diruang aula Kecamatan setempat, jum’at (3/4/2020)

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh segenap unsur Muspika Kecamatan setempat, juga dihadiri oleh segenap Kades dan Lurah yang ada di Kecamatan setempat dan Kepala Puskesmas Kotabumi II.

Dalam kesempatan ini, Camat Kotabumi Selatan, Sarihusin SE menghimbau kepada seluruh Kades dan Lurah agar berperan aktif didalam melakukan Pemantauan kepada warganya yang pulang mudik kekampung halamannya dan selanjutnya dilakukan Pendataan.

Selain itu, bidan desa dan Pendamping desa wajib membentuk tim relawan desa guna melakukan tugas melakukan sosialisasi terkait covid-19 dan biaya yang ditimbulkan dengan kejadian dimaksud dibebankan didalam dana desa (DD).

Lebih lanjut, Camat juga menghimbau untuk tidak memberikan informasi yang tidak benar (Hoaks) jika memang tidak paham dan memahami permasalahan terkait covid-19 mendingan diam dan jangan membuat resah masyarakat,” ujarnya, Jumat (3/4/2020)

Dan dihimbau juga kepada warga yang baru datang dari luar daerah agar mengurung diri dulu selama 14 hari dan melaporkan diri untuk dilakukan pendataan melalui RT dan Kadus, apabila lewat dari 14 hari jika memang tidak ada gejala apapun maka yang bersangkutan dinyatakan negatif virus tersebut.

Selain itu, hindari berkumpul dalam jumlah banyak untuk mengantisipasi wabah virus corona dan menjaga jarak 1meter dengan sesama warga lainnya, hindari bersalaman satu sama lainnya, dan selalu pergunakan masker penutup mulut, serta rajin mencuci tangan dengan cairan sabun,”terangnya.

Namun yang perlu digaris bawahi bahwa yang pulang kampung itu belum tentu terjangkit virus corona, maka dari itu perlu dilakukan karantina diri dirumah selama 14 hari,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Puskesmas Kotabumi II, dr.Soya memberikan himbauan agar pelaku perjalanan (PP) yang pulang kampung memang kondisinya sehat dan belum terlihat adanya tanda tanda gejala dimaksud namun wajib mengurung diri atau Isolasi diri secara mandiri selama 14 hari, ini dilakukan guna memantau perkembangan kesehatan mereka.

Jika memang didalam masa 14 hari ada keluhan ringan cukup minum vitamin maupun obat obatan saja, akan tetapi jika berlanjut bisa menghubungi Puskesmas maupun tim medis.

Namun berbeda dengan yang tanpa gejala (OTG) mereka tetap dalam pemantauan hanya saja tidak ditemukannya gejala apapun, berbeda dengan Pasien dalam pengawasan (PDP), bisa dinyatakan positif jika telah melalui pemeriksaan melalui uji Lab atau Rapid tes, sehingga wajib menjaga jarak, karantina diri, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, olahraga ringan dan minum vitamin, dan makan makanan bergizi hingga berjemur dibawah sinar matahari pada jam10 pagi,” ujarnya.

(Anton)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )