Cegah Penyebaran Virus Covid -19 Kades Bumiraya Himbau Warga Wajib Lapor jika Pulang Kampung

Cegah Penyebaran Virus Covid -19 Kades Bumiraya Himbau Warga Wajib Lapor jika Pulang Kampung

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara – Dalam rangka menangkal Penyebaran virus covid-19, Desa Bumiraya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara memberikan himbauan tertulis yang diberikan melalui perangkat desa yang disebarluaskan melalui RT dan Kadus setempat.

Hal tersebut guna menindak lanjuti Maklumat Kapolri agar tidak mengadakan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah yang banyak baik diteþmpat umum maupun dilingkungan sendiri.

Kegiatan sosial kemasyarakatan dimaksud seperti, pertemuan sosial, budaya dalam bentuk seminar ,lokarya ,sarasehan dan kegiatan lainya seperti, Kegiatan Olaraga Kesenian, Arisan,Reunian, Hajatan ,Jasa hiburan.Hal ini disampaikan oleh Kades Bumiraya, Drs.Marpian kepada hariansiber.com, diruang kerjanya, selasa (31/3/2020).

Selain itu, kita perlu menjaga jarak minimal 1 meter dan hindari bersentuhan satu sama lainnya, menjaga daya tahan tubuh dengan cara istirahat yang cukup berolahraga dan konsumsi makanan bergizi, berprilaku hidup bersih dan sehat itu lebih utama.

Karena berdasarkan petunjuk dan arahan dari Pemerintah dan Dinas Kesehatan setempat jika ada warga yang datang yang berasal dari Daerah yang terjangkit covid-19 atau pulang dari Luar Negeri diharapkan melapor dan berdiam diri dirumah saja selama 14 hari untuk tidak pergi kemana -mana baik ke Klinik, dokter, bidan atau Puskesmas,” ujar Kades.

Dan jika memang ada keluhan seperti demam, batuk dan pilek, nyeri sakit tengorokan dan sesak nafas agar kiranya pihak keluarga melaporkan kepada Aparatur Desa untuk ditindaklanjuti sesuai Prosedur dalam Penanganan covid-19.

Informasi dimaksud bisa dilakukan melalui wawancara via telephone, sehingga kita himbau juga agar memberikan keterangan yang benar dan jujur terkait kesehatannya, demi menjaga kesehatan dilingkungannya. Hasil wawancara tersebut bisa diambil kesimpulan mengarah kepada covid-19 atau Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga Pasien Dalam Pengawasan (PDP),”terang Kades.

Seperti yang terjadi disalah satu Pelayanan Jasa Angkutan Po Bus Sinar Jaya yang ada diwilayah Desa Bumiraya yang telah memberikan informasi yang bohong terkait tempat penurunan penumpangnya yang berasal dari wilayah Klaten Jawa tengah sebanyak 20 orang itu semula Informasinya dari Po Bus Sinarjaya itu akan menurunkan penumpang yang dimaksud di Bandar jaya, namun rupanya berubah Po Bus Sinarjaya ternyata menurunkan penumpangnya diwilayah Desa Bumiraya, sehingga Kepala Desa setempat langsung berkoordinasi dengan pihak Polsek setempat dan pihak Intelkam Polres Lampung Utara,” ungkap Kades.

Diharapkan kepada seluruh masyarakat yang ada diwilayah Desa Bumiraya agar jangan memberikan berita hoaks, Informasi bisa disampaikan melalui Call Center Desa Bumi Raya dan bisa melalui Kades Bumiraya, Drs Marpian melalui kontak person: 0812 7976 11.

(Anton)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )