Dandim 0315/Tanjungpinang Pantau Proses Screening Masuknya PMI

2 min read

HARIANSIBER.COM|TANJUNGPINANG — Sebagai Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Penanganan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia atau PMI, Komando Distrik Militer (Kodim) /0315 Tanjungpinang telah menyatakan komitmen penuh dalam memaksimalkan penanganan penyebaran Covid 19 diwilayah perbatasan, khususnya di Kota Tanjungpinang.

.
Dan pada hari ini, Minggu 17 April 2022 telah tiba Sebanyak 140 Orang Pekerja Migran Indonesia atau PMI asal Negara Malaysia di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang.
.
Dalam penanganannya, 140 orang PMI yang tiba menggunakan Kapal MV Citra Indah 99 yang langsung ditangani sesuai SOP Protokol Kesehatan, yang mana satu persatu PMI dan barang bawaan akan dilakukan sterilisasi menggunakan disinfektan.

Komandan Kodim 0315/ Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson, M.PICT selaku Dansub Satgasus Penanganan PMI Wilayah Tanjungpinang, memonitor langsung kedatangan 140 orang PMI tersebut.

Bersama jajarannya, Dandim didampingi langsung oleh Kepala KKP Kelas II Tanjungpinang dan Kabag Ops Polres Tanjungpinang, Pihak RPTC dan BP2MI yang langsung memeriksa dokumen Hasil Tes PCR dan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 setibanya di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang.

Selain itu juga dilaksanakan pemeriksaan Dokumen Keimigrasian serta pemeriksaan Barang Bawaan oleh Pihak Bea cukai Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang.

Dandim menyebutkan bahwa Pihaknya memantau proses screening masuknya PMI secara khusus dan detail, sehingga dapat berjalan dengan aman.

“Tentunya kita akan terus komitmen untuk memberikan pengaman dan penanganan bagi pemulangan PMI, dan ini sesuai dengan instruksi Pimpinan kita diatas,” Jelas Dandim.

Sementara itu, Kepala KKP Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaludin menyebutkan bahwa dari 140 orang PMI tersebut didapati ada 16 orang yang dalam kondisi sakit serta telah diperiksa secara khusus dan mendetail.

Diketahui, dari data yang didapat dari Konsulat Jenderal Atau Konjen Johor Baru di Malaysia, bahwa 140 orang PMI tersebut terdiri dari 111 Pria dan 29 Wanita.

Kesemua PMI Tersebut saat ini dibawa ke penampungan sementara tepatnya di RPTC Tanjungpinang dan BP2MI Tanjungpinang dengan menggunakan 5 unit Bus yang disertai pengawalan dari Pihak Polres Tanjungpinang dan Pihak Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang.

(Pendim0315|Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.