Dandim 0315/Tanjungpinang Resmikan Kampung Pancasila

2 min read

HARIANSIBER.COM|BINTAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Tanjungpinang menggelar Peresmian Kampung Pancasila yang berada di Jalan Nusantara Km 20 Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan, Rabu (16/3/2022).

Dalam agenda peresmian tersebut, dilaksanakan Persembahan Tarian Zapin Melayu oleh Sanggar Bayu Mas Nusantara Mandiri Kabupaten Bintan serta pelafalan Salam Pancasila.

Diketahui, bahwa pembentukan Kampung Pancasila bertujuan untuk Melestarikan nilai – nila yang terkandung dalam butir Pancasila yang berupa untuk Menciptakan kerukunan terhadap umat beragama dan Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Pada kesempatan itu, Dandim 0315/Tanjungpinang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT menyampaikan bahwa Kampung Pancasila sendiri dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kembali kerukunan dan sikap toleransi antar umat beragama.

“Dengan Kerukunan dan Toleransi antar sesama, tentunya akan menjadikan lingkungan kita sebagai Kampung yang tentram, aman dan Kondusif, serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Kepancasilaan,” Ucap Dandim.

Lanjut Dandim, setelah kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan lainnya, sehingga kegiatan di Kampung Pancasila ini akan terus berkelanjutan dengan adanya pendampingan dari pihak TNI AD dan Pemda Setempat.

“Kita akan terus mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama serta Mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya yang mana digagas oleh TNI AD disetiap Wilayah di Indonesia khususnya di Kabupaten Bintan ini,” Ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Dandim 0315/Tanjungpinang beserta jajaran FKPD Bintan melaksanakan Pemotongan Pita Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Kampung Pancasila sebagai resminya pembentukan Kampung Pancasila.

Selanjutnya, Dandim juga berkesempatan untuk memberikan kuis Pertanyaan Terkait Butir-butir Pancasila kepada Siswa dan Masyarakat serta Pemberian Hadiah Doorprize.

Diakhir kegiatan, juga dilaksanakan Peninjauan Kegiatan Kreatifitas Budaya, Kreatifitas Pendidikan dan Lukisan Mural Kampung Pancasila.

Terpantau dilokasi turut hadir Sahli Bid. Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kab. Bintan, Wadanlanudal TPI, Ps. Karuops Lanud RHF, Kasatbinmas, Ajun Jaksa Madya, Lurah Gunung Lengkuas, Camat Bintan Timur serta Tamu Undangan dari Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat serta Siswa Sekolah.

(Pendim0315|Budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.