Dekatkan Pelayanan Kependudukan, Dispendukcapil Magetan Loucing Pelayanan Adminduk di Desa Jajar

Dekatkan Pelayanan Kependudukan, Dispendukcapil Magetan Loucing Pelayanan Adminduk di Desa Jajar

Hariansiber|Magetan – Dekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan meresmikan pelayanan pengurusan adminduk di Desa Jajar Kecamatan Kartoharjo. Bupati Magetan Suprawoto yang membuka langsung peresmian pelayanan adminduk di Desa Jajar mengatakan, dengan adanya pembukaan pelayanan adminduk di kantor desa maka masyarakat tidak lagi kesulitan mengurus dokumen kependudukan mereka. “ Dengan ini masyarakat kita langsung terlayani. Di pelayana ini masyarakat juga langsung menerima dokumen kependudukan, jadi warga tidak perlu lagi ke kecamatan atau ke Disdukcapil,” ujarnya Kamis (29/09/2021).

Bupati Magetan Suprawoto menambahkan, saat ini perubahan pelayana kependudukan dan catatan sipil di Kabupaten Magetan sangat cepat. Cepatnya perubahan pelayanan adminduk menurutnya merupakan komitmen pemerintah daerah untuk tidak mempersulit pelayanan kepada masyarakat.

“ Perubahannya revolusioner. Perubahannya dulu masyarakat subuh ngantri di Sukomoro, saat ini sudah berubah cepat. Dari Kecamatan sekarang diserahkan pelayanan adminduk di Desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Magetan, Hermawan mengatakan, Desa Jajar dipilih sebagai lokasi louncing program pelayanan kependudukan di desa karena merupakan desa binaan adminduk dan kampung KB.

Dengan kemudahan pelayanan adminduk bahkan sampai ditingkat desa diharapkan akan mempermudah masyarakat untuk tertib melaksanakan administrasi kependudukan. “ Pelayanan adminduk yang mudah semua bisa dicetak di desa kecuali KIA dan KT yang butuh verifikasi ke kecamatan. Tapi sudah ada komitmen perangkat desa yang akan ke kecamatan. Kemudahan ini semog amembuat masyarakat tertib andministras kependudukan,” ucapnya.

Salah satu warga Desa Jiwan Madiun Agus Wahyudi yang mengurus kepindahan domisili karena menikah dengan gadis dari Desa Jajar mengaku tak mengalami kesulitan mengurus dokumen keindahan domisili tersebut. Bahkan untuk mencabut keterangan domisili dia mengaku cukup melakukan dengan whatsapp dan untuk mendapatkan surat keterangan pindak domisili juga tidak lama. “ Cepat, saya tidak sampai 30 menit menunggu sudah dapat dokumenketerangan pindah domisili,” katanya.

(GUS)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )