Dengan Dibenahinya Talud oleh TNI, Panen Padi di MT 2 Merata

Dengan Dibenahinya Talud oleh TNI, Panen Padi di MT 2 Merata

Hariansiber|PEKALONGAN – Petugas dari instansi Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa tengah ini, Hendri (24), yakin jika dengan dibenahi saluran air, talud oleh TNI melalui TMMD Reguler ke-107 Kodim 0710/Pekalongan, nantinya panenan padi Musim Tanam (MT) 2 di Desa Pantirejo bisa merata.

Menurut laki-laki yang warga Dukuh Pepedan RT 3/RW 02, Desa Pantirejo itu, selama ini, karena banyak saluran air yang rusak, tidak terawat, akan mengganggu areal sawah yang jauh dari saluran air. Yakni, tidak meratanya pembagian air.

”Dampaknya, disaat tanam padi di MT 2, sawah-sawah yang jauh dari saluran air agak sulit mendapat gelontoran air. Bisa diterka sendiri, bagi petani yang areal sawahnya jauh dari saluran air dipastikan tidak bisa memetik hasil panen MT 2 dengan baik,” jelas Hendri.

Yang terpenting, demikian Hendri, setelah nanti saluran air dibenahi, para petani, lewat anggota kelompok tani yang ada, bisa merawat saluran air hasil TMMD itu. Supaya asas manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama.

(Pendim 0710/Pekalongan)

Red/Arf/Hariansiber

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )