Di Gayo Lues, Sebanyak 580 Warga Masuk Dalam ODP

Di Gayo Lues, Sebanyak 580 Warga Masuk Dalam ODP

HARIANSIBER | GAYO LUES – Tim gugus tugas percepatan penanganan virus corona (Covid 19) Kabupaten Gayo Lues mencatat, sebanyak 580 warga masuk daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Informasi tersebut disampaikan Ketua IDI Gayo Lues, dr Safwan, yang juga ditunjuk sebagai juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten berjuluk Negeri Seribu Bukit dan Seribu Hafizd itu, saat menggelar Confrensi Pers di Gedung Bale Musara Blangkejeren, Senin (23/3/2020) kemarin.

Dikatakan, jumlah data Orang Dalam Pemantuan (ODP) itu, bersumber dari Empat pos perbatasan diantaranya, pos pemeriksaan Umah Buner Pintu Gayo Putri Betung yang merupakan perbatasan Gayo Lues dan Aceh Tenggara, kemudian pos perbatasan Gayo Lues dengan Aceh Barat Daya (Abdya), tepatnya di pos Tongra, selanjutnya, pos perbatasan Gayo Lues dengan Aceh Tengah, tepatnya di pos Ise-ise Pantan Cuaca dan pos perbatasan Gayo Lues dengan Aceh Timur bertempat di Pining serta terakhir di Bandara Pati Ambang Blangtenggulun Kecamatan Blangkejeren.

Pun demikian jelas dr Safwan, masyarakat tidak perlu resah dengan jumlah ODP tersebut, karena orang yang masuk dalam Orang Dalam Pemantauan bukanlah warga yang sudah positif terinfeksi Virus Corona, melainkan orang yang sehat, namun baru pulang dari wilayah luar, seperti Medan dan Pulau Jawa.

“Jadi masyarakat jangan salah tanggap, karena yang masuk dalam data ODP sebanyak 580 orang itu, merupakan warga yang baru pulang dari luar daerah, bukan orang yang terinfeksi Covid-19. Bahkan hingga saat ini, jangankan yang terinfeksi, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pun masih nihil di Gayo Lues. Semoga Allah melindungi masyarakat Gayo Lues dari Virus tersebut,” paparnya.

Oleh sebab itu sambungnya, untuk pencegahan dan meminimalisir masuknya wabah virus corona ke Gayo Lues, saat ini tim gugus tugas dari berbagai Instansi terus melakukan upaya pemeriksaan bersama, di setiap pos perbatasan sebagai pintu masuk ke Kabupaten Gayo Lues termasuk di Bandara Pati Ambang.

“Makanya semua orang yang sudah masuk dalam data ODP, kita sarankan untuk mengkarantina diri di rumahnya masing-masing selama 14 hari lebih,” ungkapnya.

Liputan : Dosaino

Red/Arf

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )