Di Kecamatan Kanigoro, BPBD Kabupaten Blitar Fokus Penyemprotan Desinfektan dan Bagi Masker di Pasar Tradisional

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar menggelar penyemprotan desinfektan di Kecamatan Kanigoro, Jumat (26/11/2021). Dipusatkan di pasar tradisional Pasar Kanigoro yang mulai ramai pengunjung, sebagai langkah preventif menekan penyebaran Covid-19.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Blitar Edy Swasono mengkoordinir kegiatan penyemprotan di Pasar Kanigoro. Pada saat jajaran TNI/Polri dan relawan Kecamatan Kanigoro turut membantu suksesnya kegiatan BPBD dalam pencegahan Covid-19.

“Selain penyemprotan desinfektan kita juga membagikan masker pada pengunjung pasar dan warga sekitar pasar. Kita dibantu dari Muspika 3 orang dan Relawan 8 orang juga membantu agar mengefektifkan waktu dengan membagikan masker disaat kita menggelar penyemprotan,” kata Edy Swasono.

Menurut Edy, penyemprotan desinfektan di Pasar Kanigoro ini penting dilakukan. Pasalnya kini sudah mulai banyak warga beraktivitas di pasar untuk kembali menggerakkan perekonomian. Sehingga pemerintah perlu turun melakukan penyemprotan desinfektan dan memberi peringatan pentingnya memakai masker untuk mencegah virus merebak kembali.

“Di penyemprotan ini kita juga mengingatkan warga yang lupa tidak bawa masker dan yang maskernya sudah kelihatan lama kita bagikan masker baru. Paling tidak kegiatan kita hari ini bisa mengurangi resiko penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Blitar, Edy bersama relawan membagikan masker di Pasar Kanigoro.

Sementara Sekretaris Kecamatan Kanigoro, Ernawan Rindy mengatakan kalau saat ini kecamatan Kanigoro sudah nihil kasus Covid-19. Dari semua kelurahan atau desa di seluruh Kecamatan Kanigoro sudah menjadi zona hijau.

“Kita mengucapkan terima kasih pada BPBD, yang telah membantu penyemprotan desinfektan dan pembagian masker. Harapannya kondisi Kecamatan Kanigoro yang sudah zona hijau bisa dipertahankan,” ucap Ernawan Rindy.

Meski demikian, Ernawan mengatakan, pihaknya terus bergerak dalam menyukseskan pencegahan covid-19. Dengan setiap minggu menggelar kegiatan vaksinasi baik di Puskesmas dan keliling ke desa-desa untuk jemput bola. Mengejar target vaksinasi masyarakat 70 persen.

“Tiap Senin Selasa Rabu kita buat tenda vaksinasi di dekat Puskesmas dan tiap kamis kita keliling ke desa-desa. Kita juga tidak bosan sosialisasi tentang 5M khususnya di pusat keramaian di pasar. Tentunya kegiatan BPBD di Pasar hari ini sangat membantu kita dalam menggugah kembali masyarakat untuk tertib kembali protokol kesehatan,” pungkasnya. (adv/kmf)

MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *