Diisukan Berpaham Wahabi Begini Penjelasan Ketua Yayasan Alwafi Islamic Boarding School

Diisukan Berpaham Wahabi Begini Penjelasan Ketua Yayasan Alwafi Islamic Boarding School

HARIANSIBER.COM|BANYUWANGI – Pengurus Yayasan Al Wafi islamic Boarding School, Ust. Ali Saman Hasan, Lc, MA akhirnya memberikan klarifikasinya terkait sempat adanya penolakan berdirinya pembangunan yayasan pendidikan Pondok pesantren di wilayah Labanasem, kecamatan Kabat, Banyuwangi oleh Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Kabat KH. Moch Yamin, Sabtu (16/10/2021).

Adanya penolakan yayasan pendidikan yang rencananya akan didirikan di Dusun Kawang, Desa Labanasem, Kabat Banyuwangi itu, disinyalir karena adanya isu bahwa ponpes tersebut mengikuti ajaran berpaham Wahabi, hal inilah yang akhirnya diluruskan oleh Ust. Ali Saman Hasan, Lc, MA selaku Pengurus yayasan agar permasalahan ini tidak menjadi salah paham dan salah persepsi dimasyarakat luas.

Beliau menjelaskan bahwa yayasan Al Wafi Islamic Boarding School sebelum ini sudah berdiri di tiga daerah dengan tetap mengacu pada 8 kurikulum pendidikan nasional sesuai arahan dari Kemenag.

“AD/ART kita juga jelas tetap mengacu pada dasar Pancasila, kita juga sering koordinasi dengan BNPT bahkan kita juga sering ikuti bela negara dan tiap Agustus kita selalu kirim santri untuk memeriahkan HUT kemerdekaan sebelum covid ini,” Ungkap beliau saat wawancara klarifikasi.

Ust. Ali Saman Hasan, Lc, MA menambahkan, “Ini sebenarnya masalah perizinan saja yg belum tuntas, sehingga di isukan miring seperti ini, kalau sosialisasi kita sudah pernah diundang duduk bersama Forpimka di kantor desa untuk menjelaskan semua, dan di Banyuwangi sendiri dengan adanya aturan proses perizinan OSS yang baru ini sebagaimana intruksi Presiden, pihak desa ternyata belum memahami sepenuhnya dan perlu adanya koordinasi intensif antara Pemerintah daerah dengan desa,” Jelasnya.

Beliau juga menyampaikan, “Sekolah kita hampir mirip konsepnya dengan Ponpes modern Gontor kok mas, karena yayasan Al Wafi Islamic Boarding School ini memiliki visi
Membentuk generasi muslim yang memiliki kesadaran agama yang tinggi dan memiliki sikap positif terhadap globalisasi dengan mengikuti jejak salafus shalih,” Terangnya.

Sedangkan untuk misinya, beliau menjelaskan, “Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berstandar internasional dengan berdasarkan Al-Quran dan Sunnah sesuai pemahaman salafus shalih. Menyelenggarakan pendidikan berlandaskan Ahlaqul Kareemah yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari. Mendidik santri dalam bermuamalah dengan lingkungan melalui prinsip leaderpreuneurship. Membentuk karakter peserta didik yang unggul dalam menyingkapi perubahan-perubahan global yang terjadi berdasarkan Al-Quran dan Sunnah sesuai pemahaman salafus shalih,” Tutupnya kepada wartawan.

(Robby)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )