Ole777

Ole777

Ole777

Ole777

Ole777

Ole777

Ole777

Ole777

https://ole777.rent/

DPR-RI Endro Hermono Beri Bimtek Pengelolaan Limbah B3 ke Bank Sampah Kota Blitar

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Anggota DPR-RI Endro Hermono memberikan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) kepada pengelola bank sampah di Kota Blitar, Jumat (27/10/2023). Dia menginginkan Bumi Bung Karno selain menjadi kota yang bersih, juga dipastikan sehat lingkungannya dari pencemaran limbah berbahaya.

Bimtek itu menghadirkan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup yang memberikan pengarahan kepada pengelola bank sampah. Tentang bagaimana mengelola bahan berbahaya yang bagi orang awam dibuang begitu saja di tempat sampah, untuk nantinya bisa dipilah supaya tidak mencemari lingkungan.

“Kalau dulu hanya sampah organik dan plastik seperti botol yang dipisahkan. Ternyata di situ ada hal-hal berbahasa yang perlu juga mendapatkan penanganan seperti baterai, lampu dop, itu mengandung bahan berbahaya,” ungkap Endro Hermono.

Endro menyebut, keberadaan bahan berbahaya dan beracun (B3) yang terkandung di sampah yang dikeluarkan masyarakat ini perlu disosialisasikan secara luas. Supaya masyarakat bisa tahu bagaimana cara agar sampah yang mengandung B3 tidak sampai mencemari lingkungan.

Maka itu, dia berharap agar bank sampah bisa terus berinovasi dalam pengelolaan sampah. Caranya dengan merekrut anak-anak muda yang mempunyai kreativitas agar sampah dikelola untuk ramah lingkungan bahkan bisa memberi nilai ekonomi lebih bagi masyarakat.

“Dari kunjungan saya di bank sampah di Pontianak, Bali, di Surabaya, itu dikelola anak-anak yang kreatif luar biasa. Mereka itu bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang menerima hasil pengolahan bank sampah. Maka itu lah perlu anak-anak muda kreatif untuk diajak mengelola bank sampah supaya bisa bermanfaat bagi warga sekitarnya,” papar Endro yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Blitar.

Endro pun memastikan selama dirinya masih duduk sebagai anggota DPR RI, selalu memberi fasilitasi bank sampah. Seperti menerjunkan bantuan motor bak sampah roda tiga, yang digunakan untuk mempermudah pengangkutan sampah dari rumah tangga ke bank sampah.

“Tahun ini yang sudah keluar 5 dan bentar lagi ada 6 roda tiga yang akan diturunkan. Ini adalah aspirasi yang saya bawa sesuai dengan permintaan pengelola bank sampah,” pungkasnya.

 

Penulis: MEIDIAN DONA DONI

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *