Emak-emak Blitar Antusias Jadi Terbaik Peragakan Senam Sicita, Apa Itu?

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Lapangan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Minggu (27/3/2022) pagi sudah ramai dipenuhi emak-emak berseragam kompak merah-merah. Rupanya mereka memperebutkan piala dari Puan Maharani menjadi yang terbaik dalam memperagakan Sicita.

Sicita mempunyai arti Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) merupakan gerakan senam yang dilaunching Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada ulang tahun partai ke-49 pada 10 Januari 2022 lalu. Dilombakannya senam itu di Blitar rupanya disambut antusias oleh masyarakat.

“Senam ini dalam rangkaian ulang tahun PDI Perjuangan ke-49 mempunyai tema Bangunlah jiwanya bangunlah badannya. Ketua umum kita Ibu Mega menyampaikan rakyat Indonesia harus sehat, maka kita mulai dulu dari kader internal. Senam ini pun diciptakan PDI Perjuangan bekerja sama dengan perguruan tinggi, tentu sudah dihitung kemanfaatannya cocok untuk semua usia,” ungkap Ketua DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu yang menghadiri lomba Sicita di Blitar.

Sri Rahayu mengatakan lomba Sicita di Blitar kali ini dikhususkan diikuti kader perempuan guna sekaligus menyambut Hari Kartini. Kedepan direncanakan bakal menggelar lomba untuk masyarakat umum dan segala usia mulai tua hingga muda.

“Sehingga senam Sicita ini tidak hanya dikenal kader saja, tapi dikenal masyarakat umum terutama generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, maka diharapkan sehat dengan senam ini. Tanggal 20 Mei nanti PDI Perjuangan akan menggelar Sicita secara nasional untuk pelajar dalam rangka hari pendidikan,” ujarnya.

Ketua DPP Bidang Perempuan dan Anak menjelaskan senam Sicita ini memiliki multi efek bagi masyarakat. Sehingga tidak hanya memberikan dampak positif di bidang kesehatan, di senam ini juga menimbulkan rasa cinta tanah air. Melihat lagu pengiring di senam ini menggunakan lagu-lagu kebangsaan.

“Jadi kegiatan kita berdampak ke politik, sosial dan kesehatan. Seperti lagunya ada Garuda Pancasila, begitu pula gerakannya membawa semangat patriotisme. Ini menguatkan dan mengingatkan untuk cinta tanah air,” kata perempuan yang juga anggota DPR RI Komisi V ini.

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar selaku panitia di kegiatan ini menyiapkan hadiah juara lomba Sicita. Mulai juara 1 sebesar 5 juta, juara 2 sebesar 4 juta dan juara 3 sebesar 3 juta hingga juara harapan dan doorprize bagi yang tidak juara.

“Agar senam Sicita menjadi tradisi dan menjadi kebutuhan masyarakat maka kami mengemas dalam bentuk lomba. Supaya menarik, menimbulkan semangat antusias internal kita dan kedepannya berkembang, dan sebaran pesertanya makin luas,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Suwito Saren Satoto.

Suwito mengaku senang dengan antusias kader dalam menyukseskan lomba senam Sicita. Dia pun memastikan kedepan bakal menggelar lomba Sicita serupa di hari-hari besar. Dengan nantinya akan bekerjasama menggandeng relawan-relawan senam dalam merangkul masyarakat umum ikut berpartisipasi.

“Di bidang keolahragaan ini kita bersama-sama masyarakat mengajak sehat. Akan ada rasa tertarik dikenal diikuti. Kedepan hubungan kedekatan ini muncul respek, simpati warga dan support dukungan pada partai,” harap pria yang juga Ketua DPRD Kabupaten Blitar ini.

Ketua DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu saat membuka lomba senam Sicita di Lapangan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Penulis: Meidian Dona Doni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.