Fauzul Iman Tutup Life Skill di Ulun Tanoh

Fauzul Iman Tutup Life Skill di Ulun Tanoh

Gayo Lues, Hariansiber – Setelah menggelar kegiatan Life Skill pembuatan Sabun Herbal Gayo selama Tiga hari di Kampung Ulun Tanoh Kecamatan Kutapanjang, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues, menutup kegiatan tersebut, pada Minggu 27 September 2020.

Kegiatan Life Skill yang berlangsung sejak hari Jumat 25 September hingga Minggu 27 September 2020 itu, diikuti sebanyak 15 peserta dari Lima Desa yang ada di Kecamatan tersebut, diantaranya, Kampung Ulun Tanoh, Rema Baru, Rikit Dekat, Tampeng dan Tampeng Musara.

Bahkan dalam kegiatan Life Skill yang dipandu dua tenaga ahli itu, para peserta berhasil membuat Sembilan jenis sabun yakni, sabun mandi cair dan keras, pengharum pakaian, pencuci piring, deterjen, sabun pengepel, pembersih toilet serta sabun jenis lainnya.

“Bahan yang kami gunakan dalam Life Skill pembuatan sabun herbal ini, tak satu pun mengandung kimia, semuanya memakai bahan alami,” tutur salah satu tenaga ahli, Fahri, langsung dari lokasi kegiatan.

Sementara itu, Ketua BUMK Ulun Tanoh, Abuadinsyah, SH, mengaku bersyukur mengikuti pelatihan ini, karena telah banyak mendapatkan ilmu.

“Ilmu ini sama sekali belum pernah kami dapatkan. Untuk itu Life Skill ini telah mampu mengubah kami bisa membuat sabun herbal. Bahkan nantinya akan kita kembangkan ke depannya menjadi salah satu produk di BUMK, khususnya di Kampung Ulun Tanoh,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Pengulu Kampung Ulun Tanoh, Suhardinsyah, S.Pd, mengatakan, sebagai pimpinan Desa Ulun Tanoh, dirinya mengucapkan terimakasih kepada pihak BNNK Gayo Lues, yang telah mempercayakan Kampung Ulun Tanoh sebagai tuan rumah dalam kegiatan Life Skill tahun 2020 ini.

“Hal ini merupakan penghargaan yang besar bagi kami. Mudah-mudahan ilmu yang sudah didapatkan para peserta pelatihan, bisa bermanfaat khususnya bagi pengurus BUMK,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman, ST, M.Si, bahwa BNNK Gayo Lues juga mengucapkan terimakasih kepada Pengulu Ulun Tanoh yang telah memfasilitasi kegiatan ini, sehingga P4GN bisa terlaksana.

“Life Skill ini merupakan pendidikan non formal yang sesuai dengan undang-undang nomor 20 tahun 2003, salah satunya adalah pendidikan kecapakan hidup atau pendidikan keterampilan hidup,” paparnya.

Hal ini dilakukan sambungnya, untuk memberikan daya tahan diri dalam hal pencegahan penyalahgunaan narkoba. “Jadi kegiatan ini sudah bisa menolak secara tegas peredaran narkoba di masing-masing kampung. Jadi tidak ada lagi alasan bagi kita mengamini narkoba dengan berkata tidak ada kerjaan. Ini yang perlu kami tegaskan,” tandasnya, seraya menutup Life Skill yang dilaksanakan pihaknya selama Tiga hari di Kampung Ulun tanoh.

Pantauan wartawan Hariansiber.com, semua bahan pelatihan yang disiapkan pihak BNNK Gayo Lues, juga diserahkan langsung Kepala BNNK kepada pengurus BUMK Ulun Tanoh sebagai perwakilan, yang disaksikan Pengulu serta perwakilan Polsek Kutapanjang.

Kemudian sebagian sabun herbal yang sudah dibuat para peserta, juga diberikan kepada para peserta sebagai oleh-oleh dalam kegiatan Life Skill tersebut.

Wartawan : Dosaino

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )