Gakkumdu Nyatakan Berkas MA Sudah Penuhi Unsur Pelanggaran Money Politic

Gakkumdu Nyatakan Berkas MA Sudah Penuhi Unsur Pelanggaran Money Politic

Tanjungpinang – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) menegaskan bahwa Caleg MA memenuhi unsur pelanggaran pemilu. Karena diduga telah melakukan Money Politic dimasa tenang kampanye lalu.

“Untuk saat ini, belum ada satupun yang kita tetapkan tersangka. Tetapi kita melakukan penyelidikan, dan kita telah mengundang saksi ahli. Untuk itu, kita simpulkan kasus dugaan money politik atas nama MA terpenuhi unsur pidananya,” tegas Zaini, saat menggelar Konferensi pers bersama awak media, Kamis(9/5) sore.

Selain MA, berkas yang masuk ke tahap penyidikan adalah caleg B dan RS caleg Dapil Tanjungpinang Timur dari Partai Garuda.

”Setelah kita melakukan penyelidikan,kita simpulkan kasus dugaan money politik atas nama MA terpenuhi unsur pidananya. Begitu juga caleg dari partai Garuda, BA dan R, ”kata Zaini.

Advertisement

Zaini menegaskan, pasal 523 ayat 2 UU nomor 7 tahun 2017. Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 mengatakan jika terjadi pada masa tenang. Disebutkan dalam Pasal 523 ayat (2) yakni pelaksana, peserta, dan/atau tim Kampanye pemilu dengan sengaja pada masa tenang menjanjikan atau berikan imbalan uang atau materi lainnya kepada pemilih secara langsung ataupun tidak langsung di mana dimaksud dalam Pasal 278 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun dan denda paling banyak Rp 48 juta.

Dalam Konfrensi pers ini, Zaini didampingi oleh kasi Pidum Kejari Tanjungpinang Amriansyah SH MH dan AKP Efendri Ali SH MH, Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang.

Boedi

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )