Gelar Khotmil Quran dan Megengan, dr Syahrul Alim Ajak Kader PDI Perjuangan Blitar Nguri-nguri Budaya Jelang Ramadhan

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – PDI Perjuangan Kota Blitar menggelar Khotmil Quran dan Megengan pada Senin (28/3/2022) sore. Bertempat di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kegiatan tradisi asli Blitar memanjatkan doa keselamatan menjelang Bulan Suci Ramadhan berjalan khidmat diikuti segenap jajaran pengurus partai dan alim ulama di Kota Blitar.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar, dr Syahrul Alim mengatakan kegiatan pada saat itu dimulai sejak pagi Khotmil Quran atau pembacaan kitab Suci Al Quran hingga khatam. Sorenya ditutup dengan Megengan atau lebih dikenal Slametan Unggahan dengan pembacaan tahlil bersama dan potong tumpeng.

“Bagi umat Islam di Jawa Megengan adalah ibadah sekaligus tradisi. Sebagai wujud syukur menyambut Bulan Suci Ramadhan dan mendoakan leluhur-leluhur kita sekaligus berdoa untuk diri sendiri diberikan kelancaran menjalankan ibadah puasa,” kata dr Syahrul Alim.

Dr Syahrul mengatakan bahwa budaya Megengan ini merupakan budaya luhur bangsa yang perlu dilestarikan. Ia pun mendorong agar kader-kader di wilayah menyelenggarakan atau menyukseskan Megengan di lingkungan masing-masing.

“Jadi kader harus nguri-nguri budaya Megengan. Di momen mendoakan leluhur-leluhur menjelang Ramadhan, secara tidak langsung kita juga mengenang jasa dan perjuangan mereka. Pahlawan Proklamator Bung Karno yang disemayamkan di Kota Blitar, dalam Megengan ini kita doakan agar arwah beliau ditempatkan di tempat terbaik disisi Allah SWT,” ujar dokter yang juga Ketua DPRD Kota Blitar.

Dokter ramah ini menambahkan, di Megengan ini sekaligus untuk menyelamati boyongannya dan ditempatinya kembali Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Blitar di Jalan Dokter Wahidin yang selesai renovasinya. Juga menyelamati hari Jadi Kota Blitar ke-116 yang akan jatuh pada tanggal 1 April 2022 lusa.

Di mana pada kegiatan Megengan tersebut dihadiri segenap pengurus DPC, Fraksi, Ketua Sekretaris Bendahara (SKB) di tiap PAC dan Ranting, serta SKB badan dan sayap partai. Ketua Rais Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Kota Blitar, KH Muhtar Lubby- KH Habib Bawafie yang turut hadir memberikan dakwah dan ular-ular mengapresiasi PDI Perjuangan Kota Blitar yang menjadi satu-satunya partai di Kota Blitar yang menggelar Khotmil Quran dan Magengan dengan mengundang alim ulama.

“Semoga doa yang kita panjatkan hari ini diijabah oleh Allah SWT. Ke depan harapannya Kota Blitar semakin jaya,” pungkasnya.

dr Syahrul Alim memberikan tumpeng kepada Gus Lubby Ketua Syuriah PCNU Kota Blitar yang hadir di Megengan DPC PDI Perjuangan Kota Blitar.

Penulis: Meidian Dona Doni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.