Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, KPU Pesisir Barat Himbau Pemilih Patuhi Protokol Kesehatan

Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, KPU Pesisir Barat Himbau Pemilih Patuhi Protokol Kesehatan

HARIANSIBER.COM|Pesisir Barat – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Barat menggelar kegiatan Simulasi Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi hasil Perhitungan Suara di tingkat TPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat. Kegiatan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan guna Pencegahan dan Pengendalian Virus Covid-19.

Simulasi tersebut berlangsung di TPS 2 Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan. Sabtu (21/11/2020).

Selain dihadiri Panitia dan Pemilih turut hadir juga Ketua KPU, Bawaslu, Kapolres Lampung Barat, Pjs Bupati Pesisir Barat.

Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini, S. HI.MA dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada Panitia khususnya TPS 2 Pekon Marang yang sudah bersedia menjadi contoh dalam Simulasi ini.

“Karena Pelaksanaan Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi tidak jauh beda dengan Pelaksanaan Pemilihan ditahun sebelumnya, hanya saja ditahun ini dilaksanakan ditengah pandemi covid-19, untuk itu kita memghimbau kepada Panitia dan Pemilih agar menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan cek suhu tubuh serta handsanitizer.” ungkapnya.

Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum & Politik, Azhari, S.H., M.M. Mewakili Pjs.Bupati Pesisir Barat dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan menitik beratkan pada Protokol Kesehatan sesuai dengan peraturan yang ada, jangan sampai terjadi klaster baru Covid-19.

“Diharapkan Kepada Panitia khususnya KPPS TPS 02 Pekon Marang dan Pemilihannya mari ikuti Simulasi ini dengan baik, karena inilah cermin tanggal 9 Desember nantinya.” ujarnya.

Sementara itu mewakili Kapolres Lampung Barat, Kompol Dwi Santosa, berharap
Simulasi ini agar betul-betul paham, baik dan benar Protokol Kesehatan serta Netralitas Penyelenggara dipertaruhkan disini, jangan sampai tercoreng.” pungkasnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat, Irwansyah, SHI, sangat mengapresiasi kawan-kawan KPU atas terselenggaranya kegiatan Simulasi ini, selain menekankan Protokol Kesehatan,
Bawaslu juga punya hak untuk menegur bagi Pemilih yang tidak mematuhi Protkes.” tegasnya.

Senada disampaikan Rismanto, seorang Pemilih yang mengikuti kegiatan Simulasi tatacara memilih yang diselenggarakan oleh KPU Pesisir Barat, tentunya ini adalah sebuah Pembelajaran kepada kami masyarakat dalam hal melakukan Pemilihan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Banyak yang berbeda pada Pelaksanaan Pemilihan, mulai dari undangan diatur jam kedatangannya, kita disuruh mencuci tangan, cek suhu tubuh, memakai masker, memakai sarung tangan plastik dan berbeda pada saat Pelaksanaan Pemilu kemarin.” kata dia.

(Anton)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )