Gubernur Ansar Bersama 4 Gubernur Lainnya Terima Penghargaan BI Awards 2022

2 min read

HARIANSIBER.COM, KEPRI – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menerima penghargaan dari Bank Indonesia (BI) di ajang BI Award 2022. Penghargaan ini diberikan  karena Gubernur Ansar dinilai telah berhasil membawa Kepri  sebagai Pemerintah Provinsi dengan implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terbaik. Bahkan terbaik di wilayah Sumatera. Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (30/11).

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dalam kesempatan ini tidak sendiri, ada 4 Kepala Daerah lain yang juga  mendapatkan penghargaan kategori yang sama yakni  Pemprov  DI Yogyakarta terbaik untuk wilayah Jawa,  Pemprov Bali terbaim untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Pemprov Kalimantan Timur terbaik untuk Wilayah Kalimantan, dan Pemprov Sulawesi Utara terbaik untuk Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Keberhasilan Provinsi Kepri mendapatkan penghargaan sebagai pengimplementasi QRIS terbaik ini menurut Gubernur Ansar tak lepas dari upaya Pemprov bersama Bank Indonesia, serta stake holder terkait untuk terus menggesa upaya digitalisasi di daerah dalam rangka menyongsong era society 5.0.

“Implementasi QRIS ini merupakan salah satu langkah awal digitalisasi suatu kawasan. Saat ini masyarakat hidup berdampingan dengan terus melakukan transaksi-transaksi, jadi itu hal yang dasar. QRIS, sebagai bentuk digitalisasi transaksi menjadi dasar atas digitalisasi lain sebagai persiapan menuju perubahan menjadi Society 5.0, di mana sejumlah besar informasi dari sensor wilayah fisik diakumulasikan ke dalam wilayah maya” ujar Gubernur Ansar usai acara.

Contoh nyata upaya Gubernur Ansar dalam menggesa digitalisasi Kepri adalah meresmikan Pulau Penyengat, pulau historis di Kepri menjadi Pulau Digital dengan QRIS Bank Riau Kepri Syariah pada 9 April 2022 yang lalu. Dengan demikian Pulau Penyengat yang terkenal dengan wisata religinya sekaligus menjadi pilot project penggunaan QRIS sebagai alat transaksi.

“Jadi sejak diresmikan jadi Pulau Digital, segala bentuk transaksi di Penyengat, mulai dari ongkos pompong, ongkos becak motor, transaksi kuliner hingga oleh-oleh, semuanya kita utamakan menggunakan QRIS. Loket pembayaran pompong, penambang bentor, hingga kios makanan dan oleh-oleh sudah kita lengkapi dengan QR code QRIS. Dan semuanya kita lakukan bekerjasama dengan Perwakilan BI di Batam. Sinergitas yang kita bangun bersama BI  juga sudah sangat baik selama ini,” jelas Gubernur Ansar.

Anugerah BI Awards 2022 sendiri merupakan rangkaian acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022 dengan tema “Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”. Presiden RI Joko Widodo hadir langsung memberikan arahan.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa seluruh lapisan mitra strategis pemerintah harus selalu mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi dalam menghadapi tahun 2023 mendatang.

“Kondisi saat ini, seluruh negara sedang kesusahan. Menghadapi pandemi, inflasi, dampak perselisihan Rusia dan Ukraina, sehingga segala sesuatu tidak dapat diperkirakan secara konkret, untuk itu di tahun 2023. Saya tekankan, kita harus selalu optimis tetapi segalanya harus hati-hati dan selalu waspada,” pesan Presiden Jokowi. (ron/mit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *