Gubernur Ansar Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Natuna, Kenang Pahlawan Perbatasan NKRI

2 min read

HARIANSIBER.COM|KEPRI – Menyambut detik-detik Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad didampingi Bupati Natuna Wan Iswandi beserta jajaran Forkompinda Kepri dan Forkompinda Kabupaten Natuna melakukan upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Natuna, Kamis (17/08) pukul 24.00 WIB.

Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Rifky Nawawi, S.E., S.I.P. menjadi inspektur upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara berlangsung khidmat, dengan diawali penyalaan obor dan dilanjutkan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan pembacaan Teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dibacakan oleh Mayjen TNI Rifky Nawawi. Dikesempatan tersebut dibacakan juga jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP Natuna tersebut yaitu TNI-POLRI 4 orang dan pahlawan tak dikenal 7 orang.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa, Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kematian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucapan Rifky Nawawi saat membacakan Teks Kehormatan.

Sementara itu, usai apel kehormatan dilaksanakan, Gubernur Ansar mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kesatuan NKRI di batas Negara Indonesia.

“Peran para pahlawan terdahulu sangat besar adanya, dimana menjaga kesatuan RI di Pintu Perbatasan NKRI hingga jalan kematian yang mereka ambil demi persatuan negara kita saat ini, marilah bersama-sama kita mengingat jasa para pahlawan. Harapan kita pula generasi muda tidak menyia-nyiakan perjuangan tersebut dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya menjadi generasi yang membangun daerah nantinya,” ungkap Gubernur Ansar.

Turut hadir mengikuti apel kehormatan, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak, Sekdakab Natuna Boy Wijanarko, para Kepala OPD Provinsi Kepulauan Riau, Pimpinan Forkompinda Provinsi Kepri dan Kabupaten Natuna. (mit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *