Gubernur Kukuhkan IKAPTK Sultra

Gubernur Kukuhkan IKAPTK Sultra

HARIANSIBER.COM|KONSEL,-Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi mengukuhkan Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPP – IKAPTK) Sultra Periode 2019 – 2022, di Aula Sangia Ni Bandera Rumah Jabatannya, Jum’at (27/12/2019).

Pelantikan di hadiri langsung Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Nasional (DPN), Dr. Saprizal, dan Pj. Sekprov Sultra, La Ode Ahmad dan sejumlah Kepala Daerah dan

Terpilih dan dikukuhkan sebagai Ketua IKAPTK Sultra, yakni Kepala Pusat Data Sistem dan Informasi (Kapusdatin) Kemendagri, Asmawa Tosepu, Wakil Ketua II di emban Armunanto yang merupakan Sekdis Satpol PP dan Damkar Konsel, dengan Ketua Bidang Publikasi dan Humas, Anas Mas’ud (Kadis Kominfo Konsel), dan posisi Wakil Ketua di jabat Muh Taufik Amin Lar (Camat Kolono).

Dalam penjelasannya, Asmawa menyampaikan bahwa secara history, lembaga pendidikan Kepamongprajaan di Indonesia mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan dinamika pemerintahan di setiap era.

Sejak didirikan Kursus Dinas C Tahun 1952, APDN (1956), IIP (1967), APDN Nasional (1988), STPDN (1992), IPDN (2004), sambungnya, Organisasi Perhimpunan Alumni telah mengalami pasang surut dan transformasi yang akhirnya pada 2 Juni 2010 dideklarasikan IKAPTK sebagai penyatuan atas organisasi alumni yang ada selama ini.

“Pengurus yang dikukuhkan malam ini merupakan hasil dari Pelaksanaan Kongres 24 Agustus 2019 yang mengamanatkan bahwa Pengukuhan dilakukan oleh Gubernur selaku Ketua Dewan Penasehat,” ujar Asmawa.

Kehadiran IKAPTK dimaksudkan dalam kerangka memperkokoh semangat kekeluargaan dan jiwa Korsa serta memelihara ikatan yang kuat antara alumni dengan almamaternya. “Disamping itu melakukan kajian dan pengembangan ilmu pemerintahan guna dijadikan kontribusi alumni untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam praktik tata kelola pemerintahan,” tuturnya.

Asmawa juga menjelaskan bahwa kondisi eksisting Alumni PT Kepamongprajaan Sultra saat ini berjumlah 623, yang tersebar dan mengabdi baik pada K/L dan Pemerintah Daerah di Seluruh Indonesia.

Berkenaan dengan itu, ucapnya, kami mewakili seluruh Alumni menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Sultra dan Jajaran Kab/Kota se Sultra atas dukungan dan pemberdayaan Alumni dengan menempatkan pada berbagai posisi strategis.

Harapan kami melalui Pengukuhan ini akan semakin memperkuat eksistensi organisasi dalam membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder di daerah ini sesuai semangat 4.0, yang selaras dengan tema pembangunan SDM Aparatur di Sultra.”Sebagaimana Misi 3 RPJMD Sultra 2018-2023 yakni mendorong birokrasi Pemprov yang modern dalam bingkai Visi terwujudnya Sultra yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat,” pungkas Asmawa.

Gubernur, Ali Mazi berharap dengan terbentuknya IKAPTK Sultra dapat menjadi momentum penting untuk mewujudkan eksistensi organisasi, yang nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran, inovasi dan kreatifitas anggotanya demi mendorong akselerasi pembangunan di Sultra yang lebih baik dan berorientasi kepada kemajuan daya saing daerah dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal. “Olehnya itu saya menghimbau kepada seluruh pengurus yang baru dikukuhkan untuk menjadikan organisasi sebagai wadah menjaga kekompakan antar alumni, dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis yang bisa merusak citra IKAPTK,” imbuhnya.

Dan mendorong purna praja, tambahnya, untuk selalu memberi contoh dan menjadi teladan sebagai ASN yang telah menjalani di bidang ilmu Pemerintahan, dan membangun sinergitas dan mengharmonisasikan arah kebijakan kepengurusan dengan agenda pembangunan di Pemprov/Pemkab/Pemkot.

Serta lebih mengedapankan program kerja yang berorientasi kemanusiaan dan wawasan lingkungan, tandasnya, sebagai wujud tanggung jawab sebagai abdi negara dan masyarakat.

“Selamat atas pengukuhan ini, semoga bisa mengemban amanah untuk mewujudkan IKAPTK Sultra sebagai organisasi yang profesional dan dapat memberikan kontribusi nyata, demi pengabdian kepada Bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, saat ditemui usai dilantik sebagai Ketua Bidang Pubilkasi dan Humas IKAPTK, Kadiskominfo Konsel, Anas Mas’ud, berharap pengukuhan dapat menjadi momentum kebangkitan organisasi yang lebih baik, dan dapat memperkuat semangat kekeluargaan, menjaga citra almamater, serta meningkatkan kerjasama dan mendorong profesionalisme alumni dalam pengabdiannya kepada bangsa.

Yang juga memiliki SDM yang unggul, imbuhnya, dengan terus memupuk jiwa kepemimpinan sehingga mampu bersaing secara sehat, dengan cara mengeluarkan kemampuan terbaik dalam tugas, sebagai bentuk dukungan ke Pemerintah.

Serta melakukan kajian dan pengembangan ilmu pemerintahan, tukas Anas, guna dijadikan kontribusi alumni dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi pengembangan ilmu dan praktek penyelenggaraan pemerintahan, khususnya di Konsel demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat.

“Dengan menjalin kerjasama dengan Pemda dan organisasi lainnya pada semua segmen, baik dalam negeri maupun dari luar negeri, dalam melaksanakan program atau kegiatan yang saling menguntungkan,” pungkasnya.

Reporter : Edi

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )