Gubsu Di Sambut Adat Nias Selatan Dalam Rangka Pra Musrenbang RKPD Zona Kepulauan Nias

3 min read

HARIANSIBER.COM|NISEL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H. Edy Rahmayadi di sambut adat Nias Selatan di Pantai Walo Green, Desa Bawonifaoso, Kecamatan Telukdalam, pada hari senin (07/03/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Hal ini ditandai dengan penyematan pakaian adat Nias Selatan oleh Bupati Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., dan Wakil Bupati Firman Giawa,SH.,MH., serta didampingi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah se-Kepulauan Nias.

Kehadiran Gubsu di Nisel dalam rangka pelaksanaan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2023 Zona Kepulauan Nias.
Gubsu, Edy Rahmayadi mengatakan sangat bangga dan berterima kasih dengan adanya kekompakan Bupati/Walikota se-Kepulauan Nias.

“Kekompakan ini merupakan modal awal untuk lebih mudah membangun Kepulauan Nias, dan Tuhan pun juga pasti akan senang dengan kekompakan ini,” ujar Edy.

Untuk membangun Kepulauan Nias, kata Edy tidak memandang secara politik, tetapi Kepulauan Nias itu dipandangnya sebagai rakyat yang harus diperhatikan, hal itu terbukti dengan kedatangannya pada kegiatan Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2023 untuk Zona Kepulauan Nias yang dipusatkan di Kabupaten Nias Selatan.

Lebih lanjut dipaparkan oleh Gubsu, Edy Rahmayadi bahwa salah satu bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan dilaksanakan perbaikan dan renovasi jalan di Pulau Nias sepanjang 71 Kilometer, sehingga diharapkan untuk diawasi supaya dapat terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan.

Edy menambahkan potensi dan keunikan Kepulauan Nias tak diragukan lagi, termasuk orangnya baik-baik, ganteng dan cantik semua. Ucapan Gubsu itu langsung disambut tepuk tangan yang meriah oleh seluruh peserta Musrenbang.

“Nias adalah prioritas yang harus diperhatikan, meskipun dengan berbagai keterbatasan karena kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Tetapi kenyataan itu harus kita terima, barangkali semua itu adalah rencana Tuhan agar kita lebih dekat lagi kepada-Nya,” ucap Gubsu Edy Rahmayadi yang sangat bersahaja itu.

Pada kesempatan itu, menyinggung pengembangan sektor pariwisata di Kepulauan Nias dan khususnya di Nias Selatan, Gubernur Edy Rahmayadi meminta Bupati Nias Selatan untuk menyiapkan lapangan pendaratan pesawat minimal untuk Susi Air, untuk awalnya diperuntukkan sebagai lapangan perintis, sehingga kalau lapangan pesawatnya sudah ada maka para wisatawan bisa langsung ke tempat objek wisata tanpa capek menempuh perjalanan dari Gunungsitoli ke Telukdalam.
Dalam sambutan Ketua DPRD Provsu yang diwakili oleh Anggota DPRD Thomas Dachi,SH., mengharapkan momentum pelaksanaan Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2023 dapat mengakomodir pengalokasian anggaran yang dipusatkan pada kebutuhan prioritas.

Mengakhiri sambutannya mengatakan pada prinsipnya sangat mendukung upaya pencapaian visi dan misi Gubernur Sumatera Utara agar bisa terwujud dengan baik, dengan harapan Pokok-Pokok Pikiran (Pokir-Pokir) DPRD Provsu dan usul-usul pembangunan dari zona Kepulauan Nias dapat terakomodir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara pada umumnya dan Kepulauan Nias pada khususnya.

Melalui kegiatan Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2023, Kepala Daerah se-Kepulauan Nias memaparkan program-program yang telah terlaksana maupun yang akan dilaksanakan yang disertai pemutaran video potensi masing-masing Kabupaten/Kota.

“Paparan tersebut diawali oleh Bupati Nisel, Hilarius Duha. Mengawali paparannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan bagi kami dengan kegiatan Pra Musrenbang RKPD Provsu 2023 dipusatkan di Nias Selatan. Selama ini juga ada banyak perhatian pak Gubsu dalam rangka pengembangan Pariwisata di Nias Selatan, mudah-mudahan dengan majunya pariwisata Danau Toba dapat berpengaruh juga dalam pengembangan pariwisata di Nias Selatan,” tutur Hilarius Duha.

Selanjutnya, paparan Bupati Nias, Ya’atulo Gulo,SE.,SH.,M.Si., Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu,S.Pd., Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, dan mewakili Walikota Gunungsitoli. Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara yang ditandai pemukulan gendang secara bersama-sama oleh Angota DPRD Provsu, Kepala Daerah didampingi Wakil Kepala Daerah dan Forkopimda se-Kepulauan Nias.

Mesiana Bu’ulolo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.