Hari Jadi Kota Blitar 115 Digelar Sederhana, Walikota Santoso Buat Keren Dengan Layanan Masyarakat Serba Cepat

Hari Jadi Kota Blitar 115 Digelar Sederhana, Walikota Santoso Buat Keren Dengan Layanan Masyarakat Serba Cepat

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Meski dirayakan dengan sederhana, Peringatan Hari Jadi Kota Blitar ke 115 yang jatuh pada 1 April 2021 berjalan keren. Dengan Walikota Blitar Santoso meluncurkan atau launching inovasi pelayanan masyarakat yang lebih cepat dan canggih.

Ada tiga inovasi baru pelayanan masyarakat yang diluncurkan. Pertama, launching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang membuat masyarakat mudah mencetak E-KTP, Kartu Keluarga dan dokumen kependudukan lainnya yang nantinya mesin cetak mandiri ini ditempatkan di kantor kecamatan dan titik penting lain seperti mall Blitar Square.

Kedua, inovasi uji kendaraan (KIR) secara elektronik yang mendukung pembayaran uang digital, membuat pembayaran bisa dilakukan dimanapun tanpa antri di kantor dinas perhubungan. Ketiga, launching sebuah bus sekolah baru untuk mendukung pembelajaran tatap muka yang sedang dimulai.

“Hari Jadi Kota Blitar ke 115 memang digelar sederhana tanpa ada keramaian karena Covid-19 belum berakhir. Sebagai gantinya kita berfokus memberikan pelayanan, cepat dan mudah bagi masyarakat,” ungkap Walikota Santoso usai melaunching 3 inovasi pelayanan baru di Kantor Walikota Blitar.

Peringatan hari jadi kali ini mengambil tema ‘Sinergi Untuk Blitar Keren’. Sebagai orang nomor satu di Kota Blitar, Walikota Santoso menginginkan segera mewujudkan Kota yang benar-benar keren di arti sesungguhnya.

Menuju itu pastinya harus dimulai dengan terciptanya pelayanan masyarakat yang mudah dan cepat serta sarana prasarana yang memadai. Guna mengurangi beban pikiran masyarakat dari pelayanan berbelit dan lama, sehingga lahir ide-ide kreatif masyarakat untuk mengembangkan kotanya.

“Dalam rangka peningkatan pelayanan, April ini juga kita membuka pelayanan publik di Mall Blitar Town Square. Nanti ada pelayanan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan berbagai pengurusan perizinan buka disitu agar masyarakat mendapatkan pelayanan prima,” ujarnya.

Usai kegiatan launching inovasi pelayanan masyarakat, Walikota Blitar Santoso didampingi Wakil Walikota Tjutjuk Sunario menutup peringatan hari jadi dengan kegiatan ziarah bersama. Mulai dari Makam Bung Karno Kota Blitar, Makam Mbah Bendo, Makam Pangeranan, dan Makam Aryo Blitar.

“KEREN itu singkatan Keberagaman Religius Nasionalis. Ziarah bersama ke pendahulu dan pahlawan ini diharapkan meningkatkan nasionalisme dan semangat membangun Kota Blitar yang Keren Unggul dan Bermartabat,” pungkas walikota yang peduli wong cilik ini.

(MEIDIAN DONA DONI)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )