Hasil Rakor Penanganan Covid-19 Dikota Tual

Hasil Rakor Penanganan Covid-19 Dikota Tual

Hariansiber.com| Tual – Ketua Tim Gugus Covid-19 kota Tual Asis Reliubun didampingi dr. Bety Zoebaedah dan Muchsin Ohoiyuf dalam Pres Rilisnya di pusat informasi dinas kesehatan 29/3/20. Menyampaikan,

Untuk mengatasi Perkembangan Percepatan Penanganan Corona Virus Disiase 2019 (Covid-19) Pemerintah Kota Tual dan Pemda Malra kemarin menggelar rapat kordinasi bertempat di Aula Kantor Bupati Malra, 28/3/20.

Hasil rapat koordinasi ditindaklanjuti oleh Gugus Tugas Covid-19 baik Kota Tual maupun Kab. Maluku Tenggara untuk merekomendasikan beberapa poin penting

“Untuk Gugus Tugas Kota Tual antara lain, Timkes melaksanakan pemeriksaan penumpang yang turun dari kapal Sanus Nusantara sebanyak 270 orang yang datang dari Kota Ambon, Kecamatan Kaswui dan Kecamatan Pulau-pulau Kur dengan rute terakhir pelabuhan Tual.”tuturnya.

“Kapal tersebut Bersandar di pelabuhan Tual pada pukul 01.00 WIT dini hari. Dilanjutkan dengan pemeriksaan 30 personil TNI Angkatan Darat yang tiba dengan kapal perang milik TNI Angkatan Laut yang bersandar di dermaga Yos Sudarso Lanal Tual pada pukul 09.00 WIT.”jelasnya.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan penumpang yang turun di dermaga Tual sebanyak 11 orang dengan menggunakan kapal perintis Inti Glory yang tiba pada pukul 12.00 WIT.

Dikatakan, hari senin tanggal 30 Maret 2020 akan dilakukan pemeriksaan penumpang yang datang dari daerah Papua yang menggunakan kapal PELNI KM. Tidar dan pada hari selasa tanggal 31 Maret 2020 akan tiba KM.

Untuk KM Ngapulu yang datang dari Jakarta, Surabaya, Makasar, Bau-bau, Ambon dan Banda dengan perkiraan penumpang diatas 300 orang.

Relibun menambahkan, Sesuai hasil rekomendasi Gugus Tugas Kota Tual dan Kab. Malra maka, penumpang yang akan tiba mulai hari senin tanggal 30 Maret 2020 dan seterusnya akan dilaksanakan karantina secara terpusat dengan lokasi akan ditentukan secepatnya oleh Gugus Tugas Covid-19 Kota Tual dank ab. Malra.

Terkait persiapan dimaksud, saat ini tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tual tengah melakukan persiapan untuk menampung penumpang yang nantinya akan dikarantina

Dijelaskan, Perkembangan terakhir yang diterima dari tim medis terkait penanganan pasien, untuk total Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kota Tual sebanyak 8 Orang dengan proses pemantauan 6 orang dan selesai pemantauan 2 orang dalam kondisi sehat.

“Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 2 orang bayi usia 8 bulan dan 10 bulan. Saat ini sementara dirawat di RSUD. Karel Satsuitubu Langgur Kab. Malra dengan kondisi bayi yang berusia 8 bulan.”ungkapnya.

PDP pertama yang dirujuk dari Puskesmas Un semakin membaik dan PDP kedua yang baru ditetapkan statusnya pada hari ini minggu 29 Maret 2020 rujukan dari RS. Hati Kudus Langgur

Dalam proses penanganan medis di RSUD Karel Satsuitubun Langgur sesuai dengan SOP penanganan dan untuk keluarga PDP dalam pengawasan tim Gugus Tugas Covid-19 Kotal Tual tetap berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 kab. MalukuTenggara.

Protokol penanganan ODP ditetapkan di RS. Maren Hi. Noho Renuat Kota Tual dan RS. Hati Kudus Langgur Kab. Malra dan untuk pasien PDP di RSUD Karel Satsuitubun Langgur Kab. Malra.

Sesuai pantauan di lapangan dan berdasarkan keterangan dari kepala BULOG Tual untuk stok beras stabil sampai selesai Lebaran Idul Fitri.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tual dengan dibantu oleh semua unsur baik TNI Polri, unsur pelabuhan, bandara akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat di daerah ini.

Untuk itu dihimbau kepada seluruh warga masyarakat di daerah ini agar jangan mudah terprofokasi dengan informasi hoaks yang dapat memunculkan kepanikan.

Tetap waspada dan tetap terapkan pola hidup sehat, hindari kerumunan dan jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa agar daerah ini dijauhkan dari segala musibah.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Walikota Tual Adam Rahayaan, S.Ag. M.Si, Bupati Maluku Tenggara Drs. Hi. M. Thaher Hanubun, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, SE, Ketua DPRD Kota Tual, FORKOPIMDA Kota Tual dan Kab. Maluku Tenggara, Sekretaris daerah Kota Tual dan Kab. Maluku Tenggara, serta unsur BUMG dan BUMD terkait diantaranya BULOG, PELNI, PLN, Kantor Pelabuhan, Pihak Bandara, PT. TANTO, PT. SPIL, Imigrasi, Bea Cukai dan unsur pendukung lainnya. ( ALI)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )