Haul Bung Karno ke-50, Walikota Blitar Santoso Gandeng ORARI Sampaikan Informasi dari Pelosok Desa Hingga Internasional

Haul Bung Karno ke-50, Walikota Blitar Santoso Gandeng ORARI Sampaikan Informasi dari Pelosok Desa Hingga Internasional

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Walikota Blitar Santoso dalam rangkaian peringatan Haul Bung Karno ke-50 pada Sabtu (20/6/2020), mengunjungi Kantor Sekretariat ORARI Lokal Blitar Jl.Hasanudin no.13 Bendogerit. Untuk melakukan special call mengajak masyarakat luas mengenang perjuangan Sang Proklamator.

Walikota Santoso duduk di meja operator berisi peralatan radio yang terlihat khas seperti alat komunikasi jaman dulu. Saat menghubungi pengguna radio lainnya, Santoso pun ikutan menggunakan sandi-sandi khusus anggota Orari saat Nge-break.

“Ini pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan. Ternyata melalui radio amatir ini peran dan fungsinya dalam rangka percepatan penyampaian informasi sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Santoso usai menyampaikan special call Haul Bung Karno melalui ORARI.

Meski di tengah kemajuan IT, Santoso mengakui eksistensi ORARI masih tenar di udara menghubungkan hingga lintas daerah dan negara. Informasi bisa sampai dalam waktu singkat dan bisa terjalin komunikasi dua arah dengan sesama pengguna radio amatir ini.

“Seperti hari ini saya menyampaikan ucapan memperingati Haul Bung Karno. Rupanya banyak yang menanggapi berebut mau berkomunikasi ingin bertanya ke saya tentang kondisi saat ini di Kota Blitar,” ujar Santoso.

Dari pun mendukung eksistensi organisasi radio amatir ini. Komunitas pengguna radio amatir ini sangat solid dalam menyampaikan informasi ke masyarakat. Terbukti di masa perjuangan dulu organisasi ini turut menyebarkan berita diproklamirkan kemerdekaan Indonesia ke pada masyarakat hingga pelosok desa.

“Pemerintah Kota Blitar selalu mengundang dan mengikutsertakan ORARI dalam berbagai event. Karena memang dibutuhkan masyarakat dalam percepatan penyebaran informasi,” tandas walikota yang peduli wong cilik ini.

Sementara Ketua ORARI Blitar, A Waryanto mengatakan setiap event lokal bisa diikuti anggota dimanapun. Seperti penyampaian walikota saat ini didengarkan oleh anggota hingga luar negeri. Untuk di lokal Blitar saja mempunyai anggota aktif sekitar 150 orang.

“ORARI selalu mendukung pemerintah seperti menyampaikan event seperti hari ini. Hingga masalah kebencanaan kita ikut menginformasikan supaya yang mengetahu segera gerak cepat melakukan penanganan,” kata Waryanto yang punya panggilan udara YC 3 JT ini. (Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )