Herman Deru Ajak Warga Sumber Ayu Berlomba Makmurkan Masjid Jami’atul Muslimin

2 min read

Hariansiber.com|OKU Timur – Kekompakan warga Desa Sumber Ayu, Kecamatan Belitang II, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) membangun masjid  bernama Jami’atul Muslimin mendapat pujian dari Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Hal tersebut disampaikannya saat Kunker ke Desa Sumber Ayu untuk menghadiri Tabligh Akbar sekaligus peresmian Masjid Jami’atul Muslimin, Minggu (12/6) siang.

Menurut Herman Deru sebagai umat yang besar mencapai 90% lebih jumlahnya di Indonesia maupun Sumsel semangat dan kekompakan membangun rumah ibadah seperti ini harus terus dipupuk.

” Islam ini kekuatannya luar biasa. Kalau bersama kita mampu membangun rumah ibadah. Makanya Saya bangga sekali melihat semangat warga Sumber Rahayu,” jelasnya.

Menurutnya apa yang dilakukan warga ini sesuai dengan arahannya sejak Ia menjadi Bupati OKUT 2007. Dimana warganya dilarang meminta-minta sumbangan di jalan untuk membangun rumah ibadah. Tak hanya saat menjadi Bupati, kala menjadi Gubernur Sumsel Ia juga mengeluarkan edaran serupa.

Surat Edaran (SE) tahun 2021 tersebut berisi tentang larangan meminta sumbangan atau pungutan di jalan umum, terutama untuk pembangunan atau pun perbaikan rumah ibadah.

Larangan tersebut dikeluarkannya bukan tanpa alasan.

” Ini untuk menjaga marwah agama kita. Selain itu juga menghindari terjadinya kecelakaan, macet dan juga kerusakan jalan. Makanya Saya bangga sekali masyarakat bisa membangun masjid ini tanpa minta-minta di jalan,” jelasnya.

Lebih jauh Ia juga mengatakan agar saat membangun masjid masyarakat menyesuaikan kebutuhan. Jangan sampai masjid  yang dibangun dengan megah justru sepi.

” Masjid perlu dimakmurman secara lahir maupun batin. Secara batin masjid ini bisa dimakmurkan dengan shalat berjamaah, tilawah Alquran, dzikir yang syar’i, belajar dan mengajar ilmu agama dan kajian ikmu agama,” jelasnya.

Herman Deru juga menaruh harapan besar agar Masjid yang diresmikan ini menjadi tempat pembinaan kehidupan beragama di masyadg akat dengan mewujudkan kehidupan yang religius sejalan dengan visi Gubernur Sumsel yaitu Sumsel Maju untuk Semua.

” Semoga pengurus masjid ini dapat memaksimalkan fungsi masjid ini dalam rangka pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat sekitar,” ujar Herman Deru.

Selain menghadiri Tabligh Akbar, Gubernur Herman Deru juga memberikan bantuan untuk merampungkan pembangunan masjid tersebut. Ia juga meresmikan sekaligus menandatangani prasasti Masjid Jami’atul Muslimin.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati OKUT H. Lanosin Hamzah, Wakil Bupati OKUT HM. Adi Nugraha Purna Yudha, Duta Literasi dan Duta Anti Narkoba Provinsi Sumsel Hj. Ratu Tenny Leriva Herman Deru, Ketua  Forum Pondok Pesantren Sumsel K.H. Jamingan, Ketua Pengurus Masjid Jami’atul Muslimin H. Rejo Mulyo, Camat Belitang II, Edi Suyitno, Kepala Desa Sumber Rahayu Mujianto.

******

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.