Ini Program Kadis Perikanan Lampura

Ini Program Kadis Perikanan Lampura

HARIANSIBER.COM| Lampung Utara – Guna memastikan keberadaan dan ketersediaan Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Lampung Utara, Dinas Perikanan Kabupaten setempat melakukan belusukan ke Balai Benih Ikan (BBI) lokal Desa Semuli Raya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara, sabtu (5/10/2019).

Sebagai Kadis Perikanan, Sanny Lumi, S.STP.MSi, masih terus melakukan blusukan turun kelapangan untuk memastikan keberadaan Balai benih Ikan juga melihat kendala dan kelayakan terkait kolam-kolam yang ada.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi, S.STP.MSi, memaparkan,” Program kami kedepan jangka pendeknya lebih terfokus kepada Perbaikan kolam BBI dan meningkatkan dana Operasional untuk Balai Benih ikan, dan untuk Jangka Panjangnya adalah bagaimana BBI yang ada ini bisa lebih maksimal dalam meningkatkan produksi benih ikan karena jika BBI hidup maka Kabupaten ini kedepan bisa Swasembada Ikan.

Berbicara soal ikan tentunya tidak luput dari ketersediaan air, karena untuk BBI Semuli raya ini ketersediaan airnya sangat bergantung saluran Way Rarem, jika Way Raremnya kering maka otomatis kolam-kolam di BBI mengalami kekeringan air,” papar Sanny.

Kedepan, kita akan berupaya BBI Semuli raya Kecamatan Abung Semuli tidak akan bergantung lagi dengan air dari saluran way rarem, ” pungkas Sanny Lumi.

Ditempat yang sama, Kepala Balai Benih Ikan (BBI) lokal Semuli raya, Riswan sangat menyambut baik atas kunjungan Kadis Perikanan di BBI ini, karena Kadis yang sekarang ini sangat berbeda dengan Kadis sebelumnya, Sanny Lumi ini mau turun kelapangan untuk mengecek keadaan kolam-kolam di BBI ini.

Menurut Riswan, kendala BBI adalah minimnya dana Operasional yang hanya 20 juta pertahun yang mana dana tersebut telah mencakup Honor Biaya listrik dan pakan ikan, sembari berharap BBI yang ada di Lampura ini bisa menjadi perhatian yang serius dari Pemerintah Daerah karena hidupnya BBI maka sektor Perikanan bisa menjadi Swasembada ikan dan pastinya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten kedepan,” ujar Riswan.

(Anton)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )