Isolasi Wilayah Kota Tegal Cegah Virus Corona

Isolasi Wilayah Kota Tegal Cegah Virus Corona

Hariansiber.com| Tegal – Rencana penutupan semua akses jalan di Kota Tegal mulai 30 Maret sampai 30 Juli 2020 telah dipersiapkan Pemerintah Kota Tegal, namun sesuai dengan arahan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nama Lockdown diganti dengan isolasi wilayah atau isolasi terbatas. Persiapan itu disampaikan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam Rakor bersama Forkopimda di Peringgitan Kota Tegal, Sabtu,(28/3/2020).

Isolasi wilayah atau isolasi terbatas ini bertujuan untuk menjaga masyarakat Kota Tegal supaya terhindar dari Virus Vorona serta memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ini. Isolasi wilayah ini juga salah satu program untuk mensukseskan Pemerintah pusat dalam kampanyenya social distancing dan physical distancing tentunya supaya berhasil. “Makanya dibuat pembatas dengan istilah local lockdown menggunakan Beton MBC, isolasi wilayah dengan keadaan darurat mereka harus dikarantina tidak boleh keluar, dan tidak gampang orang masuk ke kota Tegal melalui satu pintu, harus dicek suhu tubuhnya. Dan nanti ada beberapa titik, nanti harus menunjukkan identitas, KTP atau SIM agar melacak mudahkan pelacakan jika darurat,” lanjut dia. Menurut Wali Kota, salah satu akses masuk Pemkot Tegal berada di Jalan Proklamasi atau di depan Kantor Dinas Kesehatan.

Di sana nantinya akan disiapkan 50 petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan warga yang akan masuk. “Selain itu, nanti ada 4 CCTV. Kemudian identitas warga yang akan masuk juga diperiksa, sehingga mempermudah tracking,” jelasnya. Berbagai langkah persiapan sudah dijalankan pihaknya dalam menghadapi isolasi wilayah. Salah satunya memastikan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Bulog untuk memastikan ketersediaan pasokan untuk 3 hingga 4 bulan ke depan. “Di Kota Tegal sendiri masyarakatnya rata-rata ini mampu. Untuk angka kemiskinan sangat kecil. Masyarakat Tegal ini mampu. Kita kalau melihat kebutuhan masyarakat, kita sudah menginstruksikan Dinas Sosial untuk masyarakat atau tidak mampu ini.

Persiapan ya dana yang tidak terduga untuk bencana dapat digunakan,” urai dia. “Selain itu saya dan jajaran seluruh ASN, anggota DPRD, berencana mengkoordinasi mereka semua menyisihkan pendapatan membantu masyarakat tidak mampu,” terang Dedy. “Saya memohon kepada warga Kota Tegal yang masih berada di perantauan supaya nantinya untuk dibatalkan rencana untuk mudik agar warga Kota Tegal bisa terhindar dari Virus Corona ini” tambahnya.

Red/Arf/Sa/Hariansiber

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )