Jembatan Poros Barru Sulsel Ambruk, Truk 10 Roda Terjun ke Sungai

Jembatan Poros Barru Sulsel Ambruk, Truk 10 Roda Terjun ke Sungai

Hariansiber.com| BARRU–Sebuah jembatan di Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang menjadi akses utama jalur Makassar menuju Pare-pare atau trans Sulawesi ambruk. Satu unit truk 10 roda yang bermuatan pupuk terjun jatuh ke sungai.

“Panjangnya jembatan ambruk kurang lebih 5 meter, dan sebuah mobil truk 10 roda melintas akhirnya terjun ke sungai,” ungkap Kepala Desa Bojo, Arifin Tinulu, saat dihubungi via telepon,
Kamis (13/2/2020)

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 Malam. Arifin menjelaskan sopir truk yang mengangkut pupuk jumlah besar tersebut selamat dalam peristiwa itu setelah mendapatkan pertolongan dari warga setempat. Ratusan karung pupuk yang sempat dimuat truk 10 roda ini pun ikut jatuh ke sungai.

“Warga ramai-ramai menolong sopir truk yang jatuh ke sungai, dan menutup akses jembatan agar tidak dilewati kendaraan. Ini memang jembatan lama. Sekarang arus lalu lintas dua arah dialihkan ke jembatan baru, di sebelah jembatan ini,” ungkapnya.

Ambruknya sebagian jembatan ini tidak mengganggu arus lalu lintas. Karena arus lalu lintas dari Makassar maupun menuju Makassar dialihkan sementara ke jembatan yang tepat berada di sebelahnya.

Menurut warga setempat, jembatan tersebut memang beberapa hari lalu sudah telihat retak. Atas inisiatif warga agar tidak terjadi membahayakan pengguna jalan maka sempat mengarahkan truk 10 roda tersebut untuk melewati jembatan baru yang ada di sebelahnya.

Namun truk tetap saja melewati jembatan yang terlihat sudah tua dan retak dan ketika truk 10 roda tersebut tetap saja melintas di atasnya, akhirnya kejadian jembatan ambruk..

“jembatan itu sudah lama rusak namun tidak ada upaya diperbaiki, padahal ini salah satu akses jalan propinsi yang merupakan jalur trans Sulawesi,” ungkap Arifin.

HS-(Imansyah Rukka)

Editor HS-Arf

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )