Karantina Pertanian Tanjungpinang Melepas Komuditi Ekspor

Tanjungpinang – Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian Republik Indonesia Ali Jamil melepas beberapa Komoditi ekspor di Kantor Badan Karantina Pertanian wilayah Tanjungpinang, Jumat(8/3) pagi.

Komoditi ekspor yang dilepas oleh Karantina Pertanian antara lain Karet, Arang dan Babi potong yang akan di ekspor ke Kanada, Amerika Serikat, Korea Selatan dan China.

“Kepulauan Riau ini masih banyak menyimpan potensi Komoditas pertanian yang bernilai ekspor seperti sayuran dan buah-buahan yang saat ini baru mampu menyuplai kebutuhan di Pulau Batam,” ucap Ali seusai acara pelepasan.

Kata, Ali kedepan Karantina Pertanian akan melakukan pelatihan agar Petani Lokal mampu mengespor  komuditi sayur – sayurannya ke pasar mancanegara.

“Pendampingan ini akan dilakukan melalui pembinaan kepada kelompok tani atau calon eksportir diantaranya bimbingan teknis secara pengendalian organisme tumbuhan di lapangan saat budidaya,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Nurdin Basirun yang diwakili Asisten II Pemrov Kepri Syamsul Bahrum sangat mendukung program ini.

“Kita ada rencana pengembangan pulau – pulau terluar yang ada di Kepri yang belum berpenghuni,” tegasnya.

Penulis : Boedi

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )