Kecamatan Binangun Blitar Miliki Konservasi Ikan Bader Hingga Rintisan Pasar Kuliner Apung

Kecamatan Binangun Blitar Miliki Konservasi Ikan Bader Hingga Rintisan Pasar Kuliner Apung

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Sungai terbesar di Jawa Timur, Sungai Brantas melintasi sejumlah desa di Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar. Tentunya menjadikannya potensi yang bisa dikembangkan menjadi berbagai wisata yang menarik.

Salah satunya yang telah berhasil adalah dengan berdirinya konservasi Bader Bank di Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun. Konservasi yang dikelola Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Fajar Bengawan sangat baik, dengan menjaga keasrian sungai dan sekitarnya dari polutan.

“Ya pemanfaatan Sungai Brantas yang sudah berhasil diKonservasi Ikan Bader, Desa Tawangrejo. Ada spesies ikan bader sirip merah yang selalu menetap disitu. Di tempatnya yang asri orang sering menghabiskan waktu disitu sambil memberi makan ikan di sungai,” kata Camat Binangun, Bagus Hendry Dwinanto, Kamis (5/11/2020).

Bagus sapaan akrab Camat Binangun mengatakan konservasi Bader Bank dikelola oleh Pokmaswas Fajar Bengawan ini turut mendulang prestasi. Di tahun kemarin mendapatkan juara 2 Pokmaswas Tingkat Nasional dari Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Prestasi ini menularkan ke desa lain untuk turut mengikuti memanfaatkan potensi Sungai Brantas. Dengan membuat konservasi alam serupa dan juga sektor pariwisata sungai.

“Sekarang merembet ke desa timurnya. Ada Desa Ngadri dengan Pokmaswas Satrio Timur ada ide pasar apung dan kuliner apung. Juga di Desa Ngembul dan Kedungwungu juga mengambangkan konservasi serupa,” ungkapnya.

Bagus berharap agar pemuda di desa memberikan ide-idenya dalam mengembangkan potensi di desanya. Salah satunya potensi sungai ini bisa dikembangkan menjadi wisata alam yang sedang tren dan disukai masyarakat untuk berfoto-foto.

“Kini foto-foto di alam menjadi hal yang disukai. Membuat wisatawan berdatangan yang dampaknya memberikan pemasukan pada pendapatan asli desa,” pungkasnya.

(ADV/MEIDIAN DONA DONI)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )