Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Sosialisasikan Perundang-undangan Cukai ke Tokoh Lingkungan RT RW

Kecamatan Sananwetan Kota Blitar Sosialisasikan Perundang-undangan Cukai ke Tokoh Lingkungan RT RW

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar menjadi salah satu penerima Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Tahun 2021. Dana tersebut digunakan untuk sosialisasi bidang cukai kepada perangkat RT, RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan organisasi di kecamatan setempat.

Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut digelar di Balai Kecamatan. Bertujuan memberi pemahaman kepada para tokoh masyarakat untuk memahami tentang arti dan manfaat cukai.

“Harapannya peserta tidak memahami aturan tentang cukai. Bahwa cukai bukan hanya rokok saja tetapi ada barang lain yang kena cukai,” kata Heru Eko Pramono saat dihubungi, Rabu (24/11/2021).

Lanjut Heru, Sosialisasi berlangsung tiga hari dan dipusatkan di Kantor Kecamatan Sananwetan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Materi sosialisasi di antaranya soal produk hukum cukai dan pemaparan undang-undang.

Pihaknya berharap tahun 2022 DBHCHT tetap ada. Dengan begitu ada improvisasi dan kontinyu. Jika tahun ini sudah ada pembinaan dan sosialisasi, tahun depan dilanjut dengan pelatihan atau pembinaan. Ada pula bantuan sosial. “Dan kami siap melaksanakan program yang telah disepakati,” kata Heru.

Di sosialisasi itu Wali Kota Blitar Santoso hadir secara langsung menyampaikan pesan pada rakyatnya. Bahwasanya keberadaan sosialisasi sangat penting, dalam rangka mendukung program pemerintah dalam hal pemasukan ke negara. “Contohnya cukai rokok. Rokok yang bercukai itu nantinya akan kembali ke masyarakat juga. Seperti peningkatan ekonomi, bantuan sosial dan lain sebagainya,” katanya menirukan Walikota Santoso.

Sementara, kepala Kantor Bea Cukai Blitar Akhiyat Mujayin mendukung kegiatan sosialisasi tentang ketentuan di bidang cukai di Kota Blitar. Dengan menerjunkan personil dari kantor bea cukai sebagai narasumber dalam menyampaikan materi penegakan hukum penindakan barang kena cukai. Harapannya dengan banyaknya masyarakat yang ikut serta dalam pengawasan barang kena cukai bisa semakin meningkatkan pemasukan DBHCHT di daerah.

 

MEIDIAN DONA DONI

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )