Kembangkan BUMDesMa Kawasan, Dindamade Kabupaten Blitar Studi Turi di Banyuwangi

Kembangkan BUMDesMa Kawasan, Dindamade Kabupaten Blitar Studi Turi di Banyuwangi

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dindamade) Kabupaten Blitar mengajak pemerintah desa di Kecamatan Ponggok, Nglegok, Wlingi dan Kesamben mengikuti studi tiru di Banyuwangi. Untuk mempelajari pengembangan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) Kawasan.

Disampaikan Kepala Dindamade Kabupaten Blitar Mujianto bahwa di BUMDesMa Kawasan Kabupaten Banyuwangi pengembangannya mendapat pendampingan langsung dari Kementerian Desa. Dengan melihat langsung kondisi disana diharapkan bisa diterapkan di Kabupaten Blitar.

“Banyuwangi ini mendapat pendampingan langsung dari Kementerian Desa. Tentunya dalam mengembangkan BUMDesMa Kawasan disini lebih terstruktur dengan kajian akademik yang mumpuni. Pasti akan mendapatkan ilmu yang banyak dengan Orientasi Lapangan disini,” ungkapnya Kamis (22/10/2020) kemarin sebelum berangkat.

Dia berharap, para kepala desa bersama ketua BUMDesMa yang diajak dalam studi tiru ini mempelajari betul dan mencatat hal-hal penting. Sehingga kita pulang di kampung halamannya tidak sampai kelupaan dan segera menerapkan ilmu yang didapat.

“Karena di Kabupaten Blitar ini banyak desa potensinya bermacam-macam. Jika dikembangkan baik maka akan membawa kebermafaatan masyarakat dan kemakmuran desa. Dan BUMDesMa Kawasan ini bisa jadi lembaga mengembangkan potensi itu,” ujarnya.

Dia mencontohkan potensi di Kecamatan Ponggok terkenal dengan agroindustri BUMDesMa-nya bisa dimanfaatkan usaha ekstrak sari nanas afkir. Di Nglegok dengan potensi ikan koi BUMDesMa-nya bisa kembangkan mina wisata, lalu Wlingi pertaniannya yang bagus bisa dikembangkan, dan Kesamben kembangkan eco wisatanya.

“Ayo kita gerak mulai saat ini. Jangan mudah menyerah di tengah pandemi corona. karena inilah saatnya BUMDesMa agar menjadi kekuatan ekonomi baru,” ajaknya.

(ADV/MEIDIAN DONA DONI)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )