Keren, Pemkab Nisel Datangkan KM Wira Ono Niha

Keren, Pemkab Nisel Datangkan KM Wira Ono Niha

HARIANSIBER.COM|Nias Selatan – Kedatangan Kapal Wira Ono Niha menjadi kabar gembira bagi masyarakat Nias Selatan dimana Kapal tersebut pelayarannya dengan rute Sibolga – Teluk Dalam.

Sejumlah awak media menyambangi Kepala Dinas Perhuhubungan Drs. Faatulo Gulo diruang kerjanya jalan arah Sorake km 7, Teluk Dalam, Senin (24/06/2019).

Faatulo membenarkan bahwa
Kapal Wira Ono Niha tersebut berawal dari pengajuan Proposal Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, melalui Dinas Perhubungan Tahun 2019 kepada PT. Wira Jaya Logitama Lines, dan akhirnya Proposal tersebut terakomodir, yang mana Kapal tersebut akan segera beroperasi,”jelasnya.

Ini KM Wira Ono Niha

Ia menyampaikan, sesuai dengan hasil konfirmasi terakhir kita kepada Direktur PT. Wira Jaya Logitama Lines, Kapal Wira Ono Niha akan beroperasi bulan Agustus 2019 mendatang. Kapal ini bukan Perintis lagi, tapi Komersial, kita rencanakan pelayarannya nanti 2 kali seminggu dengan rute Sibolga – Teluk Dalam, pungkasnya.

Lebih lanjut, Faatulo menjelaskan bahwa Kapal Wira Ono Niha memiliki kapasitas muat 20 unit Mobil Fuso, serta Penumpang.

“Hal ini sangat membantu perekonomian masyarakat kedepan, salah satunya daya beli masyarakat bisa lebih berimbang, karena masalah ongkos tranportasi jelasnya.

Apabila masuk Armada Kapal, keduanya akan normal, karena kita tidak terbeban ongkos transportasi dari Teluk dalam ke Gunungsitoli. Tentu kita dari Pemda memiliki PR, yang mana apabila Kapal tersebut sampai jam 09.00 pagi, maka barang yang mereka bawa langsung bisa dibongkar, sehingga jam 16.00 sore bisa memuat lagi barang ke Kapal, tentu diharapkan kerjasama semua pihak terutama para pengusaha supaya bongkar muat barangnya nanti bisa secepatnya dilaksanakan, ucapnya.

Terkait masalah kecepatan perjalanan Kapal, Kadis mengatakan bahwa kita memiliki perbedaan waktu perjalanan antara Gunung Sitoli – Sibolga, klo di Nisel (Teluk Dalam – Sibolga) memiliki perbedaan perjalanan yaitu 30 Mil atau 3 jam selisih perjalanan, Kapal Wira Ono Niha memakan waktu 11 jam perjalanan Teluk Dalam – Sibolga.

Salah satu tujuan Pemkab Nisel dalam mendatangkan Kapal tersebut untuk menambah Armada Laut dalam pelayanan masyarakat yang menyeberang Teluk Dalam – Sibolga, selain itu, bisa menambah PAD, contoh pendapatan restribusi, jasa dan sebagainya, juga meringankan biaya ongkos komoditi hasil pertanian,”Jelasnya.

Penulis : Tafaogosokhi Laia

Editor   : Boedi

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )