Ketua DPRD Kota Blitar Harap Pemkot Berupaya Maksimal Realisasikan Aspirasi di Musrenbang RKPD 2023

2 min read

Ketua DPRD Kota Blitar dr Syahrul Alim (tengah) saat mengikuti Musrenbang RKPD 2023.

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Ketua DPRD Kota Blitar, dr Syahrul Alim berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar berupaya maksimal dalam merealisasi usulan masyarakat disampaikan di Musyawarah Rencana Pembangunan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023. Sehingga banyak elemen masyarakat yang bisa merasakan hasil pembangunan pemerintah.

“Kegiatan Musrenbang yang telah dilakukan diharapkan mampu membawa dampak baik kepada masyarakat Kota Blitar. Tentunya dengan harapan aspirasi dari masyarakat baik melalui Musrenbang maupun pokir-pokir (pokok pikiran) DPRD bisa terakomodir dalam RKPD tahun 2023,” kata dr Syahrul, Kamis (24/3/2022).

Pemkot Blitar telah menggelar Musrenbang pada Senin (21/03/2022) di Balai Kota Kusuma Wicitra, dihadiri Forkopimda beserta seluruh Instansi, Camat, Lurah di Kota Blitar, Ketua Bakorwil Malang, DPRD Kota Blitar, dan Sekda Kota Blitar. Dimana sebelumnya juga digelar Musrenbang di tingkatan lebih kecil mulai dari RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, hingga saat itu yang merupakan Musrenbang tingkat kota.

Musrenbang dilaksanakan untuk merencanakan berbagai program di tahun 2023 mendatang. Mengingat sudah ada beberapa pembangunan strategis yang siap dikerjakan di Kota Blitar. Baik dari sisi sosial, budaya pembangunan manusia, ekonomi, infrastruktur, pengembangan wilayah dan lainnya.

Hasil Musrenbang berupa rencana pembangunan yang sifatnya sementara. Untuk selanjutnya diproses oleh eksekutif mengambil kebijakan anggaran yang nantinya secara resmi dituangkan ke dalam RKPD 2023.

Hanya saja keterbatasan APBD, dr Syahrul berharap eksekutif berupaya agar usulan-usulan Musrenbang tersusun dalam skala prioritas bisa terealisasi semua. Serta sekaligus bisa mencakup semua bidang dalam usulan, dimana ini membutuhkan kreativitas dalam pengambilan kebijakan nanti.

“Tentunya tidak bisa memuaskan semua pihak, namun tetap harus diupayakan sebaik mungkin agar pembangunan bisa dirasakan merata oleh masyarakat,” tegas dokter yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar ini.

 

Penulis : MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.