Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian Membuka Kegiatan Sosialisasi E-Berpadu

2 min read

Hariansiber.com|Batang Hari – Ketua pengadilan negeri Muara Bulian Sri peni yudawati SH Jum’at (11/10/2022) pukul 09.00 wib membuka kegiatan sosialisasi E-Berpadu bagi aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Batang Hari .

Kegiatan sosialisasi E-Berpadu di pengadilan negeri Muara Bulian di hadiri oleh Kejaksaan negeri Batang hari,polres Batang hari , BNNK Batang hari ,dan undangan .

Ketua pengadilan negeri Muara Bulian Sri peni yudawati SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir pada kegiatan sosialisasi E-Berpadu bagi aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Batang Hari.

Kegiatan sosialisasi E-Berpadu bagi aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Batang Hari sebelumnya telah dilaksanakan di pengadilan negeri Jambi yang mana pada kegiatan tersebut seluruh aparat penegak hukum di wilayah provinsi Jambi telah menanda tangani MOU,sehingga kita aparat penegak hukum di kabupaten batang Hari tidak perlu lagi untuk melakukan penanda tanganan MOU ,kata ketua pengadilan .

Ketua pengadilan negeri muara Bulian mengatakan aplikasi E- Berpadu ini adalah singkatan dari Elektronik berkas pidana terpadu yang teritegrasi untuk pertukaran perkara pidana antara lain :. Berkas pidana secara elektronik ,permohonan izin atau permintaan secara elektronik,permohonan izin penggeledahan secara elektronik,perpanjangan penanganan secara elektronik,permohonan izin besuk secara elekronik, pembakaran secara elekronik,permohonan izin pinjam pakai dsb.

Kami berharap seluruh aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Batang Hari untuk dapat menggunakan aplikasi ini,kata Sri peni yudawati SH.

Untuk tahun depan kata Sri, seluruh pengadilan negeri di wilayah republik Indonesia akan menggunakan aplikasi ini,tapi kita berharap sebelum tahun depan pengadilan negeri muara bulian akan mulai menggunakan aplikasi ini ,kata Sri peni yudawati SH ketua pengadilan negeri muara Bulian.

Sementara narasumber
Anton Panjaitan SH dalam wawancaranya mengatakan tujuan dari aplikasi E-Berpadu ini yaitu untuk mempermudah aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Batang Hari dalam pelimpahan berkas perkara dan dalam hal ini juga untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus izin besuk secara on-line cukup melalui aplikasi ini ,jadi untuk mempermudah masyarakat dalam mencari keadilan ,kata Anton.

Aplikasi E.Berpadu ini sesuai perintah pimpinan epektiknya akan di gunakan tahun tapi dari amanat pimpinan satu Minggu lagi mulai berlaku karena satu Minggu lagi aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Batang Hari masih dalam tahap pembelajaran dan mudah- mudahan mereka sudah ahli dalam menggunakan aplikasi ini,kata narsumber.

Dalam hal ini aplikasi tidak hanya di berlakukan untuk aparat penegak hukum saja akan tetapi juga bisa di gunakan (akses)oleh masyarakat dalam mencari keadilan,.tutup Anton Panjaitan SH.

Setelah membuka kegiatan sosialisasi E-Berpadu ketua pengadilan negeri Muara Bulian menyerahkan buku panduan aplikasi E-Berpadu kepada aparat penegak hukum di wilayah kabupaten Batang hari.

(Aspin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *