Ki Gamblang Carito Hadir di Bascamb Karangrejo Disambut Budayawan dan Seniman Banyuwangi

2 min read

HARIANSIBER.COM|BANYUWANGI – Seniman lukis dan dalang internasional, Ki Gamblang Carito, hadir di Basecamp Karangrejo, JL MT Haryono 72 B Banyuwangi, Jawa Timur. Seniman asal Kota Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, tersebut saat ini bermukim di Tangerang, Propinsi Banten.

Kehadiran Ki Gamblang Carito yang bernama asli Fathur Rochman di Basecamp langsung disambut oleh para undangan dengan foto selfie satu persatu bersama puluhan orang seniman dan budayawan Banyuwangi serta audien lainnya yang hadir pada acara “ngobrol gayeng bersama Ki Gamblang Carito”, Selasa, 10 Mei 2022 sore.

Pada acara ngobrol gayeng, Ki Gamblang sekaligus berdialog serta tanya jawab tentang dunia seni lukis dan pewayangan. “Guru saya otodidak, tp saya dekat dan nyantri ndalang sejak kecil pada Ki Dalang Karno asal Wadung Dollah, Desa Kaligondo, Genteng, Banyuwangi,” tuturnya.

Selain itu, Ki Gamblang yang sudah pernah ndalang di Amerika dan lukisan-lukisannya banyak diminati serta tersebar di anteri dunia ini mengaku juga berguru pada maestro-maestro dalang nasional yang mendunia.

“Guru saya yang sangat dekat Ki Enthus, Ki Manteb juga Ki Purbo. Dari beliau-beliau itulah saya banyak belajar dunia perwayangan,” bebernya.

Salah satu cita-cita dan obsesi dalang muda itu adalah, bagaimana mengkolaborasikan wayang dengan dunia nyata. “Biar wayang itu gampang dinikmati siapa saja, saya coba mengaplikasikan dengan dunia nyata. Bahkan Presiden Obama (Amerika Serikat) waktu itu tahun 2011 juga wayang saya sudah berada di White House Amerika,” ujarnya.

Kehadiran Ki Gamblang Carito di Basecamp Karangrejo membuat semangat para seniman dan budayawan Banyuwangi menjadi lebih bersemangat dalam berkarya. Bahkan acara ngobrol gayeng pada Selasa, 10 Mei 2022 sore hari tersebut juga dihadiri aktivis serta pengelola pendidikan. Diantaranya tampak Pramu Sakti, Fatah Yasin Noor, Yudhi Marinakale, Andi Purnama dan Kepala MAN 2 Banyuwangi, KH Saeroji bersama jajarannya.

(Robby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.