Kini Data ODP Gayo Lues Menurun Jadi 12 Orang

Kini Data ODP Gayo Lues Menurun Jadi 12 Orang

HARIANSIBER | GAYO LUES – Dari ratusan jumlah warga Kabupaten Gayo Lues yang masuk daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP), saat ini jumlah tersebut telah menurun drastis menjadi 12 orang. Hal itu terjadi karena adanya definisi baru tentang kelompok yang beresiko.

“Dulu sebelum adanya definisi Orang Tanpa Gejala (OTG), masyarakat yang pulang dari luar daerah yang memiliki pasien positif Virus Corona (Covid-19), kita kelompokkan ke Orang Dalam Pemantauan (ODP),” papar juru bicara Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Gayo Lues, dr. Safwan, pada awak media ini, Senin (30/3/2020), via selulernya.

Namun saat ini sambungnya, ODP hanya berlaku bagi warga yang memiliki gejala klinis. Sedangkan yang secara fisik sehat atau tidak ada gejala klinis seperti, batuk, demam dan badan lemas, kini dikategorikan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Dulu ODP kita sebagian besar warga yang sehat alias tanpa ada gejala klinis, sehingga jumlah ODP membengkak. Namun untuk saat ini jumlah ODP kita tinggal 12 orang. Kemudian sisanya dimasukkan ke OTG, yang hingga tanggal 28 Maret 2020 kemarin, jumlahnya mencapai 1901 orang,” paparnya, seraya menginformasikan besok pukul 16.00 WIB, pihaknya akan mengumumkan kembali jumlah OTG di Gayo Lues.

Saat ditanyakan, apakah di Gayo Lues saat ini sudah ada yang masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dengan tegas dr Safwan mengatakan, untuk PDP masih Nol di Gayo Lues.

“Mudah-mudahan hingga berakhirnya bencana ini, PDP tetap Nol di Gayo Lues tercinta ini,” pungkasnya. [Dosaino]

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )