Koperasi diharapkan Mampu Kembangkan Sektor Perikanan

Koperasi diharapkan Mampu Kembangkan Sektor Perikanan

HARIANSIBER.COM| Lampung Utara – Sektor Perikanan Kabupaten Lampung Utara memiliki banyak potensi jika dikelola dengan baik dan tentunya melalui wadah yang tepat sasaran yakni Koperasi. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lampung Utara, Sanny Lumi, S.STP.MSi, saat meninjau langsung Desa Skipi Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten setempat, selasa (22/10/2019).

Menurut Sanny Lumi, tahun 2020 mendatang Sektor Perikanan akan mencapai mendongkrak Program Koperasi Perikanan khususnya Pembiayaan Pakan ikan yang memang menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh para petani ikan Nila yang ada didesa Skipi ini.

Ini akan menjadi peluang yang baik bagi masyarakat yang sedang menjalankan usaha dibidang budidaya ikan Nila guna meningkatkan kesejahteraan para petani ikan dan Koperasi Perikanan dinilai cocok dan bisa solusi yang tepat yang bisa menjadi kekuatan ekonomi bagi para petani ikan yang bisa dilakukan secara bersama-sama.

“Jika petani ikan bersatu, maka Sektor Perikanan akan mampu menjadi Potensi dan tentunya bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Lampung Utara, Dinas Perikanan akan mencoba dongkrak Program Koperasi Perikanan khusunya disektor pakan,”ungkap Sanny Lumi.

Sanny menjelaskan,” keberadaan Koperasi Perikanan akan memberikan manfaat bagi petani ikan untuk meningkatkan usaha di Sektor Perikanan, dengan menjalin kemitraan dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan, Sanny Lumi yakin Sektor Perikanan dapat semakin berkembang,” jelas Sanny Lumi.

Dalam pertemuan ini, Kades Skipi, Junsen, menyambut baik kehadiran Kadis Perikanan Lampura yang rela turun kelapangan guna mengetahui secara langsung apa yang menjadi kendala dari para petani ikan karena selama ini belum pernah ada Kadis Perikanan yang mau turun kelapangan,” ujar Junsen.

Dirinya sangat menanti dan mendukung Program Koperasi Perikanan guna Peningkatan Produktivitas kelompok ekonomi Produktif yang ada disektor Perikanan dan Program Koperasi ini jika dilakukan dapat menguatkan usaha kelompok petani ikan.

“Kami sangat menunggu dan mendukung Program Koperasi Perikanan, karena kendala kami adalah kesulitan untuk ketersediaan pakan ikan, karena didalam 1 kolam kita memerlukan pakan ikan sekitar 1 ton, itulah kesulitan kami, ” jelas Junsen.

(Anton)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )