Kunjungi Bukit Pertapaan dan Batik Desa Bagelenan Blitar, Bupati Rini Gencarkan Program OVOP

1 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Bupati Blitar Rini Syarifah gencar dalam menjalankan program One Village One Product (OVOP). Pada Senin (28/3/2022) datang Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, tepatnya di wisata Bukit Pertapaan.

Bupati Rini melihat wisata bukit pertapaan yang berupa bukit dengan pepohonan bambu yang rindang. Juga memberikan sejumlah saran masukan agar bisa menjadi wisata edukasi menjadi tempat diskusi dan belajar di alam yang nyaman.

Bupati perempuan pertama di Blitar ini juga kerajinan tangan berupa batik dan tas batik. Untuk nantinya pemerintah akan membantu promosi dan menyarankan ASN setempat belanja produk ini.

“Kedatangan kami adalah mendengar keluhan kendala apa untuk kami bantu. Disisi banyak UMKM tapi tutup karena pandemi, karena kita sudah di level 2 kita dorong bangkit lagi. Melihat potensi disini bagus ada namanya Bukit Pertapaan dan batik tinggal dikembangkan saja,” kata Bupati Rini.

Bupati berusaha agar program OVOP bisa berjalan di semua desa di Kabupaten Blitar. Mengingat wilayah Kabupaten Blitar yang luas dengan 220 Desa, maka pembangunan ekonomi warga harus melalui bawah dengan program OVOP.

“Dalam waktu dekat ada 4 desa yang akan kami kunjungi lagi. Targetnya seluruh desa di Kabupaten Blitar akan dikunjungi agar kami bisa membantu untuk pengembangan,” ujarnya.

Lanjut Bupati, program OVOP ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo. Mewajibkan menggunakan produk lokal dibanding menggunakan produk luar negeri atau produk impor.

“Kalau didaerah kita mewajibkan cintai produk Blitar. Kalau keluar kota justru harus bawa produk Blitar dan kita promosikan atau kenalkan keunggulan produk Blitar,” tandas Bupati.

 

PENULIS: MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.