Kunjungi Industri Senapan Desa Purwokerto dalam Rangkaian OVOP, Bupati Blitar: Luar Biasa

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Bupati Blitar Rini Syarifah mengapresiasi kerajinan tangan produk Desa Purwokerto, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar Jawa Timur. Melalui program One Village One Product (OVOP) produk ini diharapkan bisa semakin berkualitas hingga tembus ke pasar Internasional.

Dalam rangkaian kunjungan program OVOP pada Senin (28/3/2022), bupati melihat desa yang menjadi sentral industri senapan angin. Hampir seluruh warga desa memahami teknis pembuatan senapan dan bisa memproduksi sendiri.

“Produk senapan Desa Purwokerto sudah sampai di luar daerah. Dengan dukungan pemerintah diharapkan bisa sampai dikenal luas di pasar Internasional. Sehingga Industri senapan Desa Purworejo menjadi pemasok utama dari penghobi-penghobi senapan,” kata Bupati Rini.

Produk kerajinan tangan lain, ada tas rajut dan tempat tissu. Kerajinan tersebut bahan utamanya menggunakan bambu yang ramah lingkungan yang dianyam bagus nan cantik.

Bupati Blitar perempuan pertama ini pun memberi masukan agar logam pengait tali dari tas rajut yang menggunakan logam diganti dengan bahan sejenis yang ramah lingkungan. Sehingga sepenuhnya membawakan konsep bahan dari alam yang ramah lingkungan.

“Potensi Desa Purwokerto sangat luar biasa saya sarankan untuk mengganti pengait tas rajut dengan barang yang ramah terhadap lingkungan. Selain itu, juga banyak potensi yang ada di Desa yang terus kami dorong untuk lebih berinovasi, sehingga adanya pertumbuhan ekonomi yang baik di desa ini,” ujarnya.

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar, berharap program OVOP bisa berjalan di seluruh desa. Mengangkat setiap potensi yang dimiliki menjadi produk desa. Sehingga seluruh desa bisa memiliki produk khas masing-masing serta didorong memasifkan produksinya.

“Karena mengangkat ekonomi Kabupaten Blitar memang harus melalui bawah di desa-desa. Dengan tiap desa memiliki produk masing-masing maka bisa mengangkat perekonomian dan lapangan kerja yang semakin luar,” pungkasnya.

Bupati Rini Syarifah melihat proses pembuatan senapan di salah satu rumah warga Desa Purwokerto-Srengat.

Penulis: MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.